Inpex Resmi Kantongi Perpanjangan Kontrak Jadi Operator Blok Masela Hingga 2055

Selasa, 16 Juli 2019 16:25 Reporter : Merdeka
Inpex Resmi Kantongi Perpanjangan Kontrak Jadi Operator Blok Masela Hingga 2055 Blok Masela. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Inpex Corporation secara resmi mengantongi perpanjangan kontrak menjadi operator Blok Masela selama 27 tahun. Dengan demikian, kontrak perusahaan tersebut berakhir pada 2055.

President dan CEO Inpex, Takayuki Ueda mengatakan, pihaknya telah menerima persetujuan resmi rencana pengembangan (Plan Off Development/POD) Blok Masela, yang sebelumnya diajukan ‎pada 20 Juni 2019. Untuk menggarap proyek Masela, Inpex dan mitranya Shell membentuk anak usaha Inpex Masela.

"Pagi ini, pemberitahuan persetujuan telah disampaikan kepada Inpex sebagai operator proyek terebut, atas nama perusahaan patungan," kata Ueda, di Jakarta, Selasa (17/7).

Menurut Ueda, selain menyetujui revisi POD, Pemerintah Indonesia juga menyetujui pengajuan perpanjangan masa pengembangan selama 7 tahun dan perpanjangan masa kontrak selama 20 tahun hingga 2055.

"Dengan menerima persetujuan POD yang telah direvisi dan perpanjangan periode Kontrak Kerjasama, Inpex telah mencapai salah satu tonggak penting," tuturnya

Untuk diketahui, perusahaan migas Jepang tersebut telah dengan Pemerintah Indonesia atas pengolahan Blok Masela sejak 1998, pada 2012 sampai 2015 pemerintah menyetujui POD 1 dengan konsep Kilang LNG terapung dengan kapasitas produksi 2,5 juta ton per tahun.

Namun pada 2018 Pemerintah ‎Indonesia mengumumkan perubahan keputusan, penggunaan konepkilang LNG di darat dalam pengembangan proyek abadi.

Berdasarkan desain rinci tahap awal (‎Front End Enginering Design/FEED) Kilang Darat gas Masela berkapasitas produksi 10,5 juta ton pertahun, terdiri dari 9,5 juta ton LNG per tahun dan 150 juta standar kaki kubik pertahun.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Blok Masela
  2. Migas
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini