Ini yang Menarik dari Desain Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta

Senin, 26 Agustus 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini yang Menarik dari Desain Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara nampaknya segera terealisasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kalimantan sebagai Ibu Kota baru. Namun Jokowi masih enggan menyebut nama daerah untuk Ibu Kota nanti.

Meski begitu desain awal bentuk Ibu Kota baru telah dipublikasikan. Dari desain itu, banyak yang menarik dari Ibu Kota baru. Berikut ulasannya:

1 dari 5 halaman

Akan Ada Monumen Pancasila

Desain Ibu Kota Negara baru memberikan kesan indah dan sejuk. Dalam desain itu, akan banyak ruang-ruang hijau serta biru mengelilingi Ibu Kota.

Di tengah kota akan dibangun Monumen. Monumen itu dinamai Monumen Pancasila. Monumen ini bakal jadi simbol dari Ibu Kota yang baru. Di Ibu Kota yang baru akan ada public dan community spaces (ruang komunitas). Selain itu, terdapat kualitas ruang yang mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

2 dari 5 halaman

Istana Presiden

Tak jauh dari Monumen Pancasila akan berdiri Istana Presiden. Istana Presiden dikelilingi pepohonan rindang. Banyaknya pohon tersebut memberikan kesan asri dan sejuk.

Arah kanan dari Istana Presiden bakal dibangun perumahan menteri. Sementara arah kirinya, terdapat TNI dan Polri.

3 dari 5 halaman

Dikelilingi Pohon Rindang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menunjukkan rencana desain Ibu Kota Negara yang baru. Pada desain tersebut, nampak tatanan kota yang hijau dikelilingi pepohonan. Hal ini menunjukkan Ibu Kota Negara sangat indah, segar serta sejuk.

Pada Ibu Kota Negara yang baru akan dibangun ruang-ruang budaya, galeri nasional, museum gedung pertunjukan dan taman-taman kesenian.

4 dari 5 halaman

Moda Transportasi Terintegrasi

Ibu Kota baru didesain dengan moda transportasi publik yang terintegrasi satu dengan lain. Hal ini untuk mewujudkan kota yang cerdas modern dan berstandar internasional.

Selain moda transportasi publik yang terintegrasi. Nanti masyarakat dapat menikmati hijaunya pepohonan di sepanjang jalan kiri dan kanan.

5 dari 5 halaman

Terdapat Ruang Terbuka

Desain Ibu Kota akan terdapat ruang terbuka publik cukup luas. Ruang terbuka publik ini dikelilingi pohon-pohon yang rindang.

Ruang terbuka ini didesain senyaman mungkin untuk para pejalan kaki. Bukan hanya itu, nantinya sepeda akan diizinkan untuk melintas. Dan untuk mendukung semua aktivitas masyarakat. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini