Ini Tujuan Menteri Erick Merger BRI, PNM dan Pegadaian

Rabu, 3 Maret 2021 14:46 Reporter : Anisyah Al Faqir
Ini Tujuan Menteri Erick Merger BRI, PNM dan Pegadaian Menteri BUMN Erick Thohir. ©Humas BNPB

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir akan menggabungkan 3 perusahaan negara yang memiliki pasar di segmen UMKM. Tiga perusahaan tersebut yakni Bank BRI, PT PNM (Persero) dan PT Pegadaian (Persero). Tujuannya untuk mendorong bisnis pelaku UMKM di Indonesia.

"Ini kenapa kami akan melakukan sinkronisasi dan merger BRI, PNM dan Pegadaian," kata Menteri Erick dalam Webinar Investor Forum 2021, Jakarta, Rabu (3/3).

Menteri Erick menjelaskan BRI memang memiliki fokus untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha UMKM. Pun dengan PNM yang mayoritas nasabahnya pelaku usaha ultra mikro. Sementara, Pegadaian merupakan perusahaan negara yang bergerak mengelola utang.

"Pegadaian ini bisnis bond kita dan PNM ini bisnis segmennya memang ultra mikro," kata Menteri Erick.

Maka dari itu, dia menilai penggabungan tiga perusahaan tersebut diharapkan bisa menaik kelaskan pelaku usaha UMKM. Dari pelaku usaha ultra mikro menjadi pelaku usaha UMKM dan dari pelaku usaha UMKM menjadi pelaku UKM.

"Jadi harapannya ini akan menciptakan pebisnis perempuan dan pebisnis laki-laki baru yang naik kelas," kata dia.

Menteri Erick menambahkan, ini sangat penting dipersiapkan untuk menghadapi masa setelah pandemi Covid-19. "Ini sangat penting apalagi setelah bangkit dari pandemi Covid-19," kata dia.

Baca Selanjutnya: Ciptakan Pengusaha Baru...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini