Ini tahap aksi pemerintah tangani bencana Palu-Donggala

Jumat, 5 Oktober 2018 12:46 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ini tahap aksi pemerintah tangani bencana Palu-Donggala Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro rapat dengan DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Indonesia (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan saat ini pemerintah tengah fokus melakukan operasi tanggap darurat pascabencana di Palu dan Donggala. Operasi tanggap darurat dan penanganan pascabencana tersebut langsung dipantau oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla yang telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Nasional penanganan gempa bumi di Palu dan Donggala

"Sudah ada Tim Nasional, Presiden sudah langsung menunjuk Wakil Presiden. Dan semua hal yang terkait kebencanaan, pasti menjadi perhatian," kata dia, saat ditemui, di Hotel Atlet Century, Jakarta, Jumat (5/10).

Setelah operasi tanggap bencana, akan segera diikuti dengan proses rehabilitasi, konstruksi, serta pemulihan ekonomi daerah yang terdampak gempa. "Sekarang wakil presiden, sudah di Palu. Tahap pertama kita fokus tanggap darurat. Setelah tanggap darurat, kita langsung rehabilitasi, rekonstruksi," jelas dia.

Sementara terkait rencana tata ruang dan wilayah pascabencana, menurut Menteri Bambang, akan sesuai dengan kajian yang dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN). "Nanti kita lihat lihat itu wilayah ATR," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini