Ini Sederet Program Kerja Bahlil Lahadalia di Kementerian Investasi

Rabu, 28 April 2021 16:17 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ini Sederet Program Kerja Bahlil Lahadalia di Kementerian Investasi Jokowi Lantik 3 Menteri. ©2021 BPMI Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri nomenklatur baru yaitu Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Pelantikan tersebut dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden No 72/P/2021 Tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian, Serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyampaikan, peran daripada Kementerian Investasi ini nantinya akan menghubungkan dan mensinergikan baik investasi yang dari luar maupun dari dalam negeri. Ataupun investasi yang datangnya dari pemerintah daerah maupun pusat.

"Kemudian ini menjadi satu pintu (masuknya investasi)," katanya dalam keterangan pers di Istana Negara, Rabu (28/4).

Menteri Bahlil mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo melalui Undang-Undang Cipta Kerja, jika pemerintah menahan izin investasi sama juga dengan menahan pertumbuhan ekonomi. Pun demikian menahan terciptanya lapangan kerja baru.

"Sama juga dengan menahan sumber-sumber pendapatan negara dan indeks daya saing kita akan tidak mengalami perbaikan," jelasnya.

Menteri Bahlil mengatakan, dalam 1 tahun 6 bulan selama menjadi pembantu presiden memimpin BKPM sudah banyak yang dilakukannya. Beberapa di antaranya meningkatkan investasi yang berkualitas baik dari PMDN dan PMA dan pemerataan investasi dari Jawa dan luar Jawa.

"Bapak presiden selalu melihat Indonesia pada satu wilayah yang luas tidak hanya fokus pada satu pulau," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini