Ini saran KPPU agar harga daging sapi turun sesuai keinginan Jokowi

Rabu, 8 Juni 2016 10:46 Reporter : Hana Adi Perdana
Ini saran KPPU agar harga daging sapi turun sesuai keinginan Jokowi Harga Daging Sapi. ©2012 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Harga daging sapi di beberapa pasar saat ini sudah menembus Rp 130.000 per Kg. Mahalnya harga daging sapi salah satunya disebabkan karena panjangnya rantai distribusi.

Kepala Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf mengatakan, upaya untuk membuat harga daging menjadi murah tidak bisa dilakukan sepihak. Perlu koordinasi dan kerja sama antar lembaga untuk saling mendukung menyelesaikan akar permasalahan dari mahalnya harga daging.

"Perlu waktu yang jangka menengah panjang untuk menyelesaikan persoalan ini. Sehingga koordinasi misalnya dari kementerian perdagangan, Kementerian pertanian, termasuk kementerian perindustrian sangat penting karena ini yang akan menyiapkan pekerjaan sebagian orang yang berada di rantai distribusi yang panjang itu," ujar Syarkawi Rauf di kantornya, Jakarta, Selasa (7/6) malam.

Selain koordinasi, ada hal lainnya yang perlu dilakukan pemerintah. Pertama, dengan menyederhanakan rantai distribusi. Rantai distribusi yang panjang membuat pedagang di kalangan menengah dan atas memainkan harga.

"Kedua, ‎pemerintah perlu memberikan insentif terhadap transportasi untuk distribusi sehingga harga di end user tidak terlalu mahal.‎ Kemudian bantu transportasinya, saya kira tinggal ini harus diintensifkan subsidi transportasi kapal ternak bisa jauh lebih efektif. Kemudian, berikan insentif segala bentuk retribusi, baik yang dipungut oleh pemerintah secara resmi maupun misalnya di pasar-pasar itu kan ada pemain-pemain informal juga," jelasnya.

Jika ini dilakukan, KPPU optimis permintaan Presiden Joko Widodo untuk menjual harga daging dengan harga Rp 80.000 per Kg bisa tercapai dan bukan sekedar angan-angan.

"Saya yakin yang diminta Pak Jokowi Rp 80.000 per Kg itu bisa kita capai. Ini semua dibereskan, memang tidak bisa cepat, butuh waktu karena banyak persoalan terkait. Tapi saya yakin kalau ini dilakukan keinginan pemerintah menjual daging dengan harga Rp 80.000 per Kg bisa tercapai," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini