Ini Pelanggan PLN yang Bakal Mendapatkan Subsidi Tarif Listrik Hingga Desember 2021

Kamis, 29 Juli 2021 15:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ini Pelanggan PLN yang Bakal Mendapatkan Subsidi Tarif Listrik Hingga Desember 2021 meteran listrik. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi memutuskan untuk memperpanjang subsidi diskon tarif listrik untuk rumah tangga pelanggan 400 VA - 900 VA dan Industri Bisnis hingga bulan Desember 2021. Semula, diskon listrik ini bakal berakhir pada bulan September 2021.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Ida Nuryatin Finahari mengatakan, struktur tarif tenaga listrik untuk PT PLN Persero telah diatur melalui Perarturan Menteri ESDM nomor 28/2016, yang terakhir diubah dengan Permen ESDM nomor 3/2020. Di mana terdapat 25 golongan tarif pelanggan bersubsidi.

Adapun perpanjangan stimulus sektor ketenagalistrikan ini meliputi diskon tarif tenaga listrik bagi pelanggan rumah tangga untuk 450 Va dan 900 Va. Kemududian juga pelanggan bisnis kecil 450 Va dan industri kecil 450 VA.

Selain itu juga diberikan pembebasan biaya beban abodemen penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis industri, dan juga layanan sampai bulan Desember 2021

"Jadi ini struktur tarif tenaga listrik PT PLN persero yang mendapatkan stimulus ketenagalistrikan," jelas dia dalam Dialog Produktif Kabar Kamis: Updet Kelanjutan Program Stimulus Listrik, Kamis (29/7).

Dia menambahkan, selain mendapatkan stimulus masyarakat juga mendapatkan subsidi listrik yang diberikan kepada 25 golongan pelanggan. Adapun dengan besaran selisih BPP dan juga margin 7 persen dengan tarif tenaga listrik yang berlaku.

"Perpanjangan stimulus di sektor ketenagalistrikan ini sebagai wujud kehadiran pemerintah, utamanya dalam meringankan beban masyarakat karena terdampak pandemi Covid-19," kata dia.

Baca Selanjutnya: Tambahan Bantuan Sosial...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini