Ini minimal harta harus punya jika ingin masuk deretan orang terkaya dunia

Jumat, 9 November 2018 07:00 Reporter : Merdeka
Ini minimal harta harus punya jika ingin masuk deretan orang terkaya dunia ilustrasi orang kaya. © nocookie.net

Merdeka.com - Lebih dari setengah kekayaan dunia saat ini dikuasai oleh 1 persen orang super kaya di dunia. Angka ini tentu cukup mencengangkan. Namun sebenarnya berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam top 1 persen itu?

Mengutip CNBC, laporan kekayaan global 2018 dari Credit Suisse Research Institute menyatakan dibutuhkan kekayaan bersih senilai USD 871.320 atau Rp 13 miliar. Kekayaan bersih yang dimaksud dalam laporan ini adalah 'nilai aset keuangan ditambah aset nyata yang dimiliki rumah tangga dikurang utang.'

Faktanya, lebih dari 19 juta orang Amerika masuk dalam angka 1 persen itu, paling tinggi di antara negara-negara lainnya. Sementara China saat ini berada di posisi kedua dengan 4,2 juta orang.

Untuk masuk dalam daftar top 10 persen di dunia, Anda memerlukan kekayaan sebesar USD 93.170 atau Rp 1,3 miliar. Bahkan jika punya USD 4.210 (Rp 62 juta), Anda sudah lebih kaya dari setengah penduduk dunia.

Angka ini mencerminkan ketimpangan ekonomi yang ekstrem. Laporan Credit Suisse menyebutkan, setengah dari mereka yang berada pada posisi terbawah secara keseluruhan memiliki kurang dari 1 persen total kekayaan global.

Sementara 10 persen orang terkaya memiliki 85 persen dari kekayaan global. Namun kabar baiknya, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada tanda-tanda yang menunjukkan angka ketimpangan ini tidak lagi meningkat.

Kepemilikan aset finansial orang-orang dan negara-negara terkaya memuncak pada 2015 dan menurun sejak itu. Kepemilikan top 10 persen dan 5 persen tidak berubah sejak tahun 2016, sementara kepemilikan top 1 persen orang terkaya telah menurun dari 47,5 persen menjadi 47,2 persen.

Reporter: Felicia Margaretha

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Orang Terkaya
  2. Tips Sukses
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini