Ini Kunci Ekonomi RI Lebih Stabil Dibandingkan Negara G20 Lain

Rabu, 5 Desember 2018 11:15 Reporter : Merdeka
Ini Kunci Ekonomi RI Lebih Stabil Dibandingkan Negara G20 Lain pertumbuhan ekonomi. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan,Indonesia memiliki kunci yang tidak dimiliki oleh negara-negara anggota G20 lain dalam meningkatkan perekonomian. Salah satunya konsumsi rumah tangga di Indonesia mampu tumbuh stabil dikisaran 5 persen.

Menurutnya, selama ini konsumsi rumah tangga Indonesia konsisten berada di kisaran 5 persen. Dengan tingkat konsumsi ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terjaga stabil di level 5 persen.

"Konsumsi rumah tangga konsisten 5 persen. Pertumbuhan ekonomi juga stabil di 5 persen karena dipacu oleh konsumsi rumah tangga. Negara lain yang ekonominya ditopang oleh ekspor seperti Singapura, begitu terjadi gejolak global, dia langsung turun. Tapi kita tidak," ujar dia di Nusa Dua, Bali, Rabu (5/12).

Seperti saat krisis ekonomi di 2008, lanjut dia, Indonesia menjadi satu-satunya negara di G20 yang pertumbuhan ekonominya tetap stabil. Bahkan kemudian pola pendorong ekonomi Indonesia dijadikan acuan bagi negara-negara lain.

"Saat krisis beberapa tahun lalu, eknomi negara-negara anggota G20 turun, hanya Indonesia yang ekonominya survive. Dan sekarang juga pertumbuhan kita stabil di 5 persen," ungkap dia.

Menurut Askolani, salah satu pendorong konsumsi rumah tangga Indonesia tetap stabil yaitu adanya sejumlah bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, khususnya golongan bawah. Bantuan sosial tersebut mampu menjaga tingkat konsumsi rumah tangga tetap tinggi.

"Dengan bantuan yang konsisten ini bisa mengentaskan kemiskinan. Kalau data (masyarakay miskis) kita salah ini tidak akan nendang. Kita bisa sinergi. Ini menyebabkan kemiskinan menurun," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini