Ini Kriteria dan Mekanisme Pengangkatan CPNS Menjadi PNS

Kamis, 9 Juni 2022 18:30 Reporter : Idris Rusadi Putra
Ini Kriteria dan Mekanisme Pengangkatan CPNS Menjadi PNS PNS. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi untuk menyelesaikan status dan kedudukan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang sudah menjalani masa percobaan 1 tahun dan telah memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

"Imbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS Lebih dari 1 Tahun," terang Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Mohammad Ridwan dikutip dari laman BKN, Kamis (9/6).

Adapun kriteria pengangkatan CPNS menjadi PNS yang dimuat dalam SE BKN 10/2022, yakni: CPNS yang melewati masa percobaan 1 tahun dan dinyatakan lulus dalam pelaksanaan pelatihan prajabatan sesuai kualifikasi yang ditetapkan dalam UU ASN namun belum diangkat menjadi PNS.

Jika pelaksanaan pelatihan prajabatan CPNS tidak dapat dilaksanakan dalam masa percobaan karena kondisi tertentu, pengangkatan CPNS menjadi PNS dapat dilakukan setelah CPNS mengikuti dan lulus pelatihan prajabatan.

Sebagai mekanisme dan prosedur pengangkatan CPNS yang melebihi 1 tahun masa percobaan dan telah lulus pelatihan prajabatan, BKN meminta PPK Instansi untuk mengusulkan penetapan pengangkatan CPNS yang telah lulus prajabatan dan lulus tes kesehatan lebih dari 1 tahun kepada Kepala BKN/Kepala Kantor Regional BKN dengan melampirkan bukti dukung sesuai pedoman dalam SE BKN 10/2022.

2 dari 2 halaman

BKN Tetapkan Rekomendasi

Berdasarkan usulan dari PPK tersebut, BKN akan menetapkan rekomendasi pengangkatan menjadi PNS bagi CPNS sesuai dengan persetujuan pengangkatan CPNS lebih dari 1 tahun.

Setelah PPK Instansi memperoleh hasil rekomendasi pengangkatan yang ditetapkan BKN, PPK menetapkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS menjadi PNS bagi yang telah dinyatakan memenuhi syarat, dan SK Pemberhentian CPNS bagi yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Terakhir, keputusan PPK wajib disampaikan kepada Kepala BKN/Kepala Kantor Regional BKN paling lambat 30 hari sejak tanggal penetapan SK.

Baca juga:
Anggota DPR soal Ratusan CPNS Mengundurkan Diri: Tak Perlu Dibesar-besarkan
Fakta Wajib Dibaca Seputar Rencana Penghapusan Tenaga Honorer Mulai 28 November 2023
Gaji Tak Sesuai Ekspektasi, Dua CPNS Tenaga Kesehatan di Solo Mundur
Gibran Kesal Dua CPNS Mundur Alasan Gaji Kecil: Kurang Ajar!
Fakta Fenomena Ramai-Ramai Mundur dari CPNS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini