Ini kata Rachmat Gobel soal hengkangnya Panasonic dan Toshiba

Kamis, 4 Februari 2016 11:22 Reporter : Sri Wiyanti
Ini kata Rachmat Gobel soal hengkangnya Panasonic dan Toshiba Bos Panasonic Rachmat Gobel. ©2015 merdeka.com/fikri faqih

Merdeka.com - Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel, Rachmat Gobel akhirnya buka suara soal hengkangnya Panasonic. Dia mengatakan Panasonic hanya melakukan restrukturisasi pabrik dalam rangka efisiensi perusahaan.

"Yang dilakukan oleh Panasonic untuk pabrik lighting di Pasuruan dan pabrik lighting fixture itu karena kami melakukan restructure dan rasionalisasi bisnis unitnya untuk produk alat-alat listrik," ujar dia kepada merdeka.com di Jakarta, Kamis (4/2).

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan produktifitas. Untuk pabrik lighting di Pasuruan, kata dia, memang sudah tidak mempunyai daya saing dengan produk-produk impor dari China.

"Namun sebagai gantinya untuk produk lighting kami membuat yang lebih mempunyai edded value. Panasonic tetap terus mempunyai optimisme dan komitmen untuk mengembangkan industrinya dengan memproduksi produk-produk yang mempunyai added value (nilai tambah) di Indonesia," tegas dia.

Mantan Menteri Perdagangan ini menambahkan kondisi Panasonic berbeda dengan Toshiba dan Ford Motor Indonesia. Dia pun menyindir Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang terlalu mendramatisir rencana relokasi pabrik Panasonic ini.

"Mengenai pemberitaan Panasonic menutup pabriknya, berita itu tidak benar. Dan saudara Iqbal (Said Iqbal, Presiden KSPI) mendramatisir beritanya," pungkas dia. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini