Ini investasi paling cocok untuk gaji di bawah Rp 5 juta

Jumat, 6 Maret 2015 07:34 Reporter : Novita Intan Sari
Ini investasi paling cocok untuk gaji di bawah Rp 5 juta Ilustrasi investasi. ©2012 Shutterstock/Gorilla

Merdeka.com - Investasi ternyata tidak hanya dipersiapkan untuk menyasar masyarakat kelas atas dengan pendapatan puluhan juta Rupiah per bulan. Masyarakat kelas menengah ke bawah dengan pendapatan pas-pasan juga bisa ikut investasi dan memberikan keuntungan untuk jangka panjang.

Saat ini program-program edukasi investasi semakin banyak dan semakin sering diadakan, mulai dari yang berbayar hingga gratis sekalipun. Bahkan, adanya internet ikut membantu memberikan informasi-informasi seputar dunia investasi.

Director of Business Development Manulife, Putut Endro Andanawarih mengatakan kemudahan memperoleh informasi telah mendorong masyarakat untuk investasi. Bahkan dengan pendapatan di bawah Rp 5 juta per bulan juga ikut investasi.

"Investasi siapa saja bebas siapa yang mau, tidak perlu uang banyak. Di bawah Rp 5 juta juga bisa, misal instrumen investasi bentuk reksadana kan bisa dibeli dengan murah," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/3).

Instrumen investasi bentuk reksadana dinilai sangat cocok untuk masyarakat berpenghasilan pas-pasan. Pasalnya, bentuk investasi ini jangka panjang dan memang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah. "Reksadana alternatif investasi jangka panjang. Reksadana bukan untuk orang kaya, yang punya dana terbatas," jelas dia.

Investasi reksadana disebut juga sebagai batu loncatan untuk nantinya masyarakat bisa masuk ke investasi pasar modal. Uang hasil reksadana dikumpulkan dan pemahaman dipertajam hingga siap terjun ke pasar modal.

"Setidaknya kita punya akses pasar modal tapi dibantuin manager di pasar modal, dari situ manager bisa memberitahukan risiko pasar," tutupnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Investasi
  2. Tips Investasi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini