Ini Bahasan Bidang Ekonomi Presiden Jokowi dan PM Jepang Yoshihide Suga

Selasa, 20 Oktober 2020 19:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ini Bahasan Bidang Ekonomi Presiden Jokowi dan PM Jepang Yoshihide Suga Jokowi sambut PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga membahas terkait upaya memperkuat kerjasama di bidang perekonomian. Salah satunya, Presiden Jokowi sempat meminta pada Suga untuk memberikan perhatian terkait kendala izin impor produk pertanian, kehutanan, hingga perikanan dari Indonesia.

"Saya tadi juga meminta perhatian terhadap Jepang adanya kendala izin impor untuk produk pertanian, produk kehutanan dan produk perikanan dari Indonesia. Saya tadi juga mendorong Jepang untuk ikut berpartisipasi dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia," kata Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10).

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia. Mulai dari perusahaan Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota.

Presiden Jokowi mengatakan, dalam pertemuan itu, juga dibahas upaya memperkuat kerjasama multilateral. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menekankan pentingnya spirit kerjasama untuk terus diperkuat.

"Terutama di tengah rivalitas yang semakin menajam antara kekuatan besar dunia. Spirit kerjasama yang inklusif perlu juga terus guna memajukan dalam rangka kerjasama Indo-Pasific sebagaimana tercermin dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Saya juga menggarisbawahi harapan agar Laut Cina Selatan dapat terus menjadi laut yang damai dan stabil," tegas Presiden Jokowi.

Baca Selanjutnya: Sepakat Pembukaan Kembali Rute Penerbangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini