Ini 5 tips belanja cerdas agar gaji awet hingga akhir bulan

Senin, 30 April 2018 08:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Ini 5 tips belanja cerdas agar gaji awet hingga akhir bulan Ilustrasi belanja. ©2012 Shutterstock/Valua Vitaly

Merdeka.com - Memiliki penghasilan pas-pasan tidak lantas membuat seseorang harus menahan diri untuk memperoleh barang yang diinginkan. Hal ini dapat diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu porsi tabungan yang telah disusun.

Penggunaan dana minim ini dapat disiasati dengan memetakan terlebih dahulu besar pemasukan dan pengeluaran secara berkala. Sehingga, pemilik dana dapat menganggarkan berapa dana menganggur yang dapat dipakai untuk kebutuhan tertentu.

Saat jalan-jalan ke tempat belanja, pemilik dana boleh memilih sejumlah barang yang diinginkan. Namun demikian, harus diingat tidak semua barang yang diinginkan dapat dibawa pulang.

Berikut ini merdeka.com merangkum 5 tips belanja agar penghasilan tidak tergerus hanya untuk memenuhi keinginan berbelanja seperti dikutip dari Cermati.

1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Sebelum belanja, pahami dulu seberapa butuh Anda dengan barang yang hendak dibeli. Cek kembali barang-barang yang sudah Anda miliki, apabila Anda masih ada barang yang sama dengan yang mau dibeli dan masih layak digunakan, artinya barang tersebut hanya keinginan semata.

Mau cara yang lebih mudah lagi? Beri jeda 10 detik sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, tanyakan pada diri sendiri dalam 10 detik tersebut, apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau Anda cuma ingin memilikinya saja.

2. Tulis daftar barang yang ingin dibeli

Sebelum berbelanja, buatlah daftar barang yang dibutuhkan dan akan dibeli. Usahakan untuk membuat daftar pembelian tersebut dari barang yang terpenting dulu, lalu dilanjutkan dengan barang yang sifatnya tidak begitu mendesak atau bisa dibeli belakangan. Dengan demikian, Anda lebih terbantu untuk mengontrol diri dalam membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

3. Hindari uang tunai terlalu banyak di dompet

Banyaknya jumlah uang tunai yang terlihat di dompet bisa membuat Anda begitu ringan dalam membelanjakan uang tersebut. Maka dari itu, usahakan untuk membawa uang secukupnya sesuai daftar belanja yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa uang lebih sekitar 10 persen dari perkiraan total belanja.

4. Belanja online

Belanja online bisa jadi salah satu alternatif untuk berbelanja cerdas dengan mudah dan lebih murah. Sebab dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak e-commerce yang bermunculan dan menawarkan produk bervariatif dengan harga menarik dibandingkan toko konvensional. Belum lagi ketika belanja di toko konvensional, Anda harus menembus kemacetan jalan untuk bisa tiba di toko tersebut.

5. Bandingkan harga

Membandingkan harga barang di sejumlah toko penting dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik. Malas membandingkan harga hanya akan membuat uang Anda habis untuk barang yang seharusnya bisa didapatkan dengan lebih murah.

Apabila Anda memilih belanja online, maka Anda bisa semakin mudah untuk membandingkan harga barang melalui situs pembanding e-commerce. Anda cukup mengetik nama barang yang mau dibeli dan situs tersebut akan menunjukkan perbandingan harga dari berbagai situs e-commerce, kemudian Anda tinggal memilih barang dengan harga dan penawaran terbaik. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini