Ingin Tabungan Anda Cepat Penuh, Terapkan 7 Kebiasaan Ini

Jumat, 16 April 2021 07:00 Reporter : Merdeka
Ingin Tabungan Anda Cepat Penuh, Terapkan 7 Kebiasaan Ini Tips menabung untuk punya tempat tinggal sendiri. ©shutterstock

Merdeka.com - Menabung memang tidak akan mudah, terlebih Anda harus menghentikan kebiasaan buruk dan mempelajari beberapa strategi baru. Kebanyakan dari orang akan sederhana tetapi perlu fokus dan disiplin.

Pertama-tama, perjelas mengapa Anda ingin mulai menabung. Kebanyakan orang berfikir untuk masa pensiun. Namun ada juga yang berfikir untuk berlibur atau membeli suatu hal. Seperti yang sudah diketahui, menabung itu tidak mudah, maka Anda harus mengubah perspektif jika ingin menabung lebih banyak.

Bersikaplah sengaja dan pikirkan apa yang akan dihasilkan jika memiliki banyak uang bagi. Gunakan alasan ini sebagai awalan, jika dikemudian hari tergoda untuk menghabiskan uang, ingatlah mengapa Anda menabung sejak awal.

Berikut beberapa kebiasaan dalam mengatur keuangan yang lebih baik untuk membantu meningkatkan tabungan pribadi, dilansir Lifehack.

1. Jujurlah Tentang Kebiasaan Buruk Anda

Kebiasaan terpenting yang bisa dipelajari adalah menghadapi kenyataan. Alasan mengapa tidak bisa menabung untuk waktu yang lama adalah karena menunda. Tidak mudah untuk menabung sebanyak yang seharusnya. Lebih mudah untuk mengabaikan dan membelanjakan uang yang seharusnya ditabung.

Akui pada diri sendiri bahwa Anda telah membohongi diri selama beberapa waktu. Ini bukan untuk membuat diri merasa buruk. Sebaliknya, banggalah pada diri sendiri karena jujur dan tunjukkan kasih sayang pada diri sendiri.

Sekarang Anda sadar bahwa membawa kebiasaan buruk dan inilah waktunya untuk mulai berubah.

2. Tentukan Kebutuhan dan Keinginan

Seperti yang dinyatakan Paula Pant, Anda mampu membeli apa pun, tetapi tidak semuanya. Inilah mengapa perlu membedakan kebutuhan dan keinginan. Buat daftar barang yang benar-benar dibutuhkan. Kemudian, buat daftar keinginan untuk barang-barang seperti sepatu. smartphone terbaru, dan lainnya.

Anda tidak harus membeli semuanya dari daftar keinginan. Sebaliknya, pilih satu dan buat anggaran untuk itu. Simpan uang terlebih dahulu dan hadiahi diri Anda dengan salah satu barang dari daftar 'keinginan' tersebut setelah Anda mencapai tujuan menabung.

3. Selalu Lacak Pengeluaran

Jika tidak dapat mengelola uang dengan baik, maka akan selalu membelanjakannya dengan buruk. Anda harus menjaga pengeluaran serendah mungkin sambil memiliki penghasilan tinggi.

Masalahnya adalah mungkin Anda tidak meninjau keuangan secara teratur. Karena itu, mungkin akan boros dengan membayar lebih untuk layanan. Sekali lagi, lacak pengeluaran menggunakan aplikasi pelacakan uang, untuk menunjukkan jumlah yang dibelanjakan setiap bulan.

Baca Selanjutnya: 4 Beralih Tanpa Kartu Kredit...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Menabung
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini