Ingin swasembada gula, pemerintah siapkan Rp 89,4 miliar

Reporter : Saugy Riyandi | Rabu, 10 April 2013 13:01
Ingin swasembada gula, pemerintah siapkan Rp 89,4 miliar
gula. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 89,4 miliar untuk pengembangan tebu lahan kering di Madura.

Menteri Pertanian Suswono menyebutkan, langkah ini sebagai bagian dari program swasembada gula nasional. Suswono memilih Kabupaten Bangkalan dengan luas areal sebesar 2.500 hektar dan Kabupaten Sampang 1.500 hektar sebagai daerah untuk pengembangan tebu.

"Rinciannya, Bangkalan Rp 55,091 miliar, Sampang sebesar Rp 34,344 miliar dan Administrasi Rp 125 juta untuk Provinsi," ujar Suswono dalam rapat kerja dengan Komisi IV di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/4).

Suswono menegaskan kegiatan pengembangan tersebut bertujuan untuk mendorong tumbuhnya investasi PMDN dan PMN industri perkebunan di Madura, meningkatkan optimasi potensi sumber daya alam lokal dan mendukung pencapaian swasembada gula nasional.

"Komponen kegiatannya meliputi perluasan tanaman tebu rakyat, pengembangan unit pengolahan pupuk organik, pembangunan jalan produksi, pembangunan jalan produksi dan pemberdayaan, penguatan kelembagaan petani tebu," ucapnya.

[noe]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE