Ingin Karir Kinclong, Ikuti 5 Tips Promosikan Diri Bagi Pekerja Wanita

Rabu, 24 Maret 2021 07:00 Reporter : Merdeka
Ingin Karir Kinclong, Ikuti 5 Tips Promosikan Diri Bagi Pekerja Wanita wanita karir. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Keterampilan dalam mempromosikan diri (self Promotion) menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi wanita atau perempuan di lingkungan kerja. Menurut survei di tahun 2019 terhadap lebih dari 1.000 pekerja wanita, 84 persen mengatakan mereka merasa tidak nyaman membicarakan prestasi profesional atau akademis, dan lebih dari 69 persen mengatakan mereka seringkali meremehkan prestasi yang diraih.

Padahal, sangatlah membantu bagi wanita, terutama wanita muda, untuk menyoroti pencapaian mereka. Sebab, memilih untuk tidak melakukannya sama sekali dapat menghambat perkembangan Anda di tempat kerja. Misalnya, jika atasan atau anggota tim tidak menyadari kinerja Anda yang kuat, mungkin tanpa sadar telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik.

Berikut 5 tips yang dapat membantu Anda menguasai seni self-promotion untuk perkembangan karier yang lebih baik, dilansir CNBC.

1. Ceritakan kisah Anda

Pakar bisnis dan pemasaran Seth Godin, mengungkapkan, orang tidak membeli barang dan jasa. Mereka membeli relasi, cerita, dan keajaiban. Maka dari itu, penting untuk menceritakan kisah Anda, terutama perpaduan unik antara karisma, keterampilan, pengalaman, dan sesuatu yang spesial dari diri Anda yang mungkin tidak dimiliki orang lain.

Jika Anda membutuhkan inspirasi, lihatlah mereka yang telah menguasai personal branding, seperti Oprah Winfrey, Lady Gaga, Michelle Obama, dan Sheryl Sandberg. Anda bisa mulai mempertanyakan: apa yang terlintas di benak ketika memikirkan masing-masing profil wanita tersebut? Bagaimana mereka bisa sampai ke tempat mereka sekarang? Apa bagian paling menarik dari cerita mereka?

2. Pilih bagaimana Anda ingin dikenal oleh rekan kerja

Mulai tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda ingin dikenal oleh rekan kerja, pada bidang apa ingin dianggap sebagai ahli? Apakah akuntansi? Atau mungkin desain interior?

Terkait dengan jumlahnya, tidak harus hanya satu. Anda bisa bebas memiliki pengetahuan dan keahlian tentang beberapa hal sekaligus. Pikirkan beberapa topik yang paling sesuai dengan keterampilan dan kekuatan Anda, serta peran Anda di perusahaan.

Gunakan informasi ini untuk membuat pernyataan yang menjelaskan apa yang Anda miliki yang mungkin membedakan Anda dari orang lain. Proposisi ini akan membantu mengidentifikasi siapa Anda, apa yang dilakukan, dan pengaruh seperti apa yang dapat diberikan kepada orang yang berinteraksi dengan Anda.

Baca Selanjutnya: 3 Identifikasi kata kunci untuk...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini