Ingin Dapat Kerja yang Cocok, Ikuti 7 Tips Perencanaan Ini

Kamis, 20 Januari 2022 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Ingin Dapat Kerja yang Cocok, Ikuti 7 Tips Perencanaan Ini Mencari pekerjaan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah lulus kuliah, maka Anda akan mulai memikirkan akan bekerja apa dan di mana. Hal ini tentunya memerlukan perencanaan yang tepat agar pekerjaan yang diemban tidak menjadi beban.

Ketika Anda sudah mulai mencari pekerjaan dan mendapatkan posisi yang Anda inginkan, pasti Anda akan mulai mempertimbangkan gaji, jenjang karier, dan lingkungan kerja seperti apa yang diinginkan.

Selain itu, ada hal penting yang sering dilupakan ketika mencari kerja yaitu minat dan bakat yang Anda miliki. Ketika Anda bekerja sesuai dengan minat dan bakat, Anda akan lebih bersemangat dan menikmati melalui waktu kerja. Berbagai tugas yang kamu kerjakan tidak akan terasa berat karena Anda menikmatinya.

Berikut 7 tips untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok untuk Anda, dikutip Jobstreet.

1. Mencoba tes online

Jika Anda merasa tidak yakin dengan minat dan bakatmu, Anda bisa memulainya dengan mencoba tes minat-bakat yang tersebar di internet. Anda bisa mencoba tes kepribadian yang dapat mengingatkan kembali tentang sifat-sifat diri.

Hasil tes kepribadian ini bisa Anda jadikan pondasi perencanaan kariermu untuk ke depan. Biasanya tes kepribadian juga menyediakan proyeksi jenjang karier yang cocok dengan kepribadian Anda.

Contohnya, jika hasil tes menyatakan bahwa kamu seorang introvert, Anda akan disarankan pekerjaan yang tidak menuntut banyak komunikasi dengan klien seperti graphic designer, web developer, penerjemah, dan lain-lain.

Mungkin Anda menyukai rutinitas, sehingga Anda cocok bekerja di kantor. Mungkin juga Anda lebih kreatif dan ingin berkarya sehingga cocok bekerja di lapangan industri kreatif.

Selain tes kepribadian, Anda juga bisa mengikuti tes minat dan bakat. Mungkin selama ini Anda merasa tidak punya bakat karena kamu terlalu sibuk menjalani keseharian sehingga Anda tidak menyadarinya.

Dengan mencari tahu minat dan bakat, Anda bisa memiliki pemahaman mengenai bakat apa yang ternyata Anda miliki selama ini. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan dengan kriteria yang cocok denganmu.

2 dari 3 halaman

2. Membuat daftar pekerjaan

Setelah Anda memahami dan menilai diri kamu lewat berbagai tes yang Anda coba, buatlah daftar pekerjaan yang menarik bagimu. Pilihlah pekerjaan atau posisi yang kamu sukai atau bahkan yang telah menjadi cita-citamu sejak masih kecil. Setelah itu, buatlah daftar pekerjaan atau industri yang sesuai dengan bakat, kepribadian, dan keterampilan yang Anda Anda miliki berdasarkan tes yang telah Anda coba.

Jika Anda sudah mendapatkan kedua hasilnya, coba kamu cocokan mana pekerjaan dan industri yang muncul dalam dua daftar yang Anda buat. Kemudian coba kerucutkan lagi daftar pekerjaan tersebut sesuai minat yang ingin Anda tekuni. Dengan begitu, akan mudah membuat perencanaan kariermu lebih matang lagi ke depannya.

3. Menganalisis pengalaman

Renungkan pengalaman-pengalaman yang sudah kamu dapatkan seperti saat sekolah, kuliah, magang, kerja paruhwaktu, volunteer, atau ketika berorganisasi. Dari semua pengalaman yang telah Anda lewati, kamu pasti mendapatkan ilmu atau keahlian baru dalam prosesnya.

Dari sekian banyak ilmu dan keahlian yang kamu dapatkan, pilihlah ilmu atau keahlian yang kamu senangi dan bernilai bagimu. Setelah itu, mulailah mencari informasi rinci tentang keahlian tersebut. Kemudian, Anda bisa melakukan riset mengenai jenjang karier yang membutuhkan keahlianmu ini. Itulah jenjang karier yang perlu Anda pertimbangkan, mengingat Anda sudah berbekal keahlian penunjangnya.

4. Bergaul dengan komunitas yang memiliki minat sama

Anda dapat menghabiskan waktu untuk berbincang dan membangun relasi dengan orang lain yang sudah menggeluti bidang pekerjaan yang Anda minati. Jika ada kesempatan, Anda mungkin bisa melihat langsung temanmu tersebut saat bekerja.

Ini merupakan kesempatan yang bagus untukmu, sebab setidaknya Anda bisa mengetahui dan merasakan bagaimana keseharian temanmu ketika dia sedang menjalani pekerjaannya.

Anda juga bisa menangkap gambaran tugas dan tanggung jawab yang dia kerjakan sehari-harinya. Anda dapat mempelajari lebih jauh pekerjaan itu dan mempertimbangakan kembali apakah perkerjaan itu benar-benar sesuai dengan minatmu.

3 dari 3 halaman

5. Lakukan survei informal

Cari tahu tentang pekerjaan impian Anda dan berbicaralah dengan orang atau teman yang sudah berada di posisi yang kamu damba-dambakan. Apa suka-duka di posisi tersebut? Adakah potensi pengembangan minat dan bakatmu di sana? Jangan sampai menyesal karena masuk ke dalam pekerjaan yang tidak dapat menunjang pengembangam kariermu.

Selain bertanya, Anda juga bisa menggali informasi tentang pekerjaan itu lewat internet. Kemungkinan besar informasi tentang pekerjaan yang Anda inginkan bisa kamu temukan di internet. Jika Anda lebih nyaman dengan berbentuk visual, Anda bisa mencari informasi lewat platform video.

6. Mengikuti program magang

Anda tidak akan benar-benar memahami pekerjaan di sebuah perusahaan sampai Anda benar-benar bekerja di dalamnya. Salah satu cara untuk masuk ke dalam suatu bidang pekerjaan adalah dengan mengikuti program magang.

Magang adalah gambaran pengalaman terdekat dengan dunia kerja. Jadi, jika Anda sudah pernah mengikuti magang, Anda sudah tidak asing lagi dengan lingkungan kerjanya.

Dengan mengikuti program magang setidaknya kamu merasakan langsung, walaupun hanya sedikit, pengalaman bekerja di bidang yang kamu minati. Jika setelah mencoba program magang di bidang tersebut Anda merasa tidak cocok, jangan takut. Masih banyak bidang lain yang bisa Anda coba. Yang terpenting mengikuti program magang dapat menghindarkan Anda dari miskonsepsi tentang suatu pekerjaan.

7. Ruang untuk berkembang

Salah satu pertimbangan yang bisa Anda pakai ada kesempatan Anda untuk berkembang, baik dari segi karier maupun ilmu dan keahlian. Apakah dengan Anda memilih pekerjaan ini Anda akan berkembang? Atau justru pekerjaan yang Anda pilih sudah cukup dengan keahlian yang Anda miliki.

Anda juga butuh untuk berkembang dan menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri karena suatu saat nanti Anda memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan tentunya ingin memiliki jenjang hidup dan karier yang lebih baik. [azz]

Baca juga:
Mobilitas Dibatasi, Ini Tips Kerja Agar Tetap Produktif
Simak 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun Ini
Hindari 7 Hal Ini Saat Berbincang dengan Rekan Kerja
Catat, Cara Elegan Minta Naik Gaji ke Perusahaan
Teknik Cermat Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Lewat 5 Hal Ini
Ingin Menolak Tawaran Pekerjaan, Pakai Tips Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini