Infrastruktur jadi momok inflasi

Jumat, 1 Februari 2013 05:20 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Infrastruktur jadi momok inflasi Jembatan Ambruk. REUTERS

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan pentingnya pengaruh infrastruktur dalam menekan besaran inflasi. Inflasi menjadi momok perekonomian nasional yang pada akhirnya bermuara pada tingkat kemiskinan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo, mencontohkan pada saat bencana terjadi antara di Pulau Jawa dan Sumatera. Akses distribusi yang belum baik di Pulau Sumatera membuat proses pemulihan bencana lama dan menyumbang inflasi besar.

"Tsunami itu dampaknya di Sumatera satu tahun. Saat gempa di Selatan Jawa dampaknya hanya dua bulan," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (31/1).

BPS berharap proyek Trans Sumatera segera dapat dirampungkan pemerintah. Proyek infrastruktur di daerah lain pun diharapkan dapat ditingkatkan.

"Jawa distribusinya bagus, kalau Sumatera belum terlalu bagus. Trans Sumatera belum terlalu rapih," tuturnya.

Atas fakta ini, dirinya yakin banjir yang melanda ibukota Jakarta beberapa waktu lalu tidak akan berpengaruh besar pada besaran inflasi Januari. BPS yakin inflasi Januari masih berada di bawah kisaran satu persen. [rin]

Topik berita Terkait:
  1. Inflasi
  2. Infrastruktur
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini