Influencer Ini Beri Makanan Gratis untuk Pasien Covid-19 yang Isoman

Rabu, 21 Juli 2021 18:00 Reporter : Merdeka
Influencer Ini Beri Makanan Gratis untuk Pasien Covid-19 yang Isoman Isolasi mandiri pasien Covid-19 di Stadion Patriot. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Di tengah pandemi Virus Corona yang mencekik ekonomi masyarakat, beberapa influencer Indonesia tergerak melakukan aksi sosial membantu sesama. Sebab, kini rumah sakit sudah tak lagi cukup menerima jumlah pasien. Isolasi mandiri pun gencar dilakukan.

Salah satu influencer, Imam Darto membuat gerakan memberi makanan kepada penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Pemberian makanan untuk 10 orang selama 10 hari.

"Memberi makanan kepada 10 orang, tetapi dengan persyaratan yang ada," ujar Imam dalam diskusi online, Jakarta, Rabu (21/7).

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan selama 10 hari tersebut adalah masyarakat yang sudah dibantu olehnya bisa menjadi pendonor plasma darah ketika sudah sembuh untuk masyarakat lain yang membutuhkan. Seleksi yang diberikan kepada masyarakat isoman tergantung dari vendor makanan yang bekerja sama dengannya. Namun demikian, vendor tersebut hanya ada di Jakarta saja.

Persyaratan seperti itu ditetapkan agar masyarakat bisa saling membantu satu sama lain. Kini bukan hanya bantuan makanan saja yang sulit. Tetapi, masyarakat juga kesulitan untuk mencari rumah sakit yang bisa menerima pasien covid-19, ruang ICU, ruang UGD, dan juga tabung oxygen.

Imam tidak menunggu pemerintah untuk membagikan bantuan, karena menurutnya, pemerintah sudah terlalu banyak membagikan uluran tangan. "Kekuatan cinta dari sesama begitu besar, kenapa harus menunggu bantuan yang lain bila kita bisa melakukannya," ujar Imam.

Dia pun menyayangkan, dengan keadaan darurat seperti sekarang, masih saja ada oknum yang memanfaatkan situasi. Oknum ini menipu masyarakat dengan berdalih membagikan tabung oksigen secara gratis tetapi tabung tersebut tidak dikembalikan lagi kepemiliknya.

"Ada salah satu gerakan yang memberikan oksigen gratis, tetapi tabung tersebut tidak dikembalikan lagi kepemiliknya. Masih ada saja orang seperti itu," tandasnya.

Reporter Magang: Mutiara Syafira [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini