KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Inflasi tinggi, laba Danamon semester I 2013 melorot

Kamis, 18 Juli 2013 17:12 Reporter : Sri Wiyanti
danamon. bdadesign.co.id

Merdeka.com - Bank Danamon memaparkan kinerja perseroan sepanjang semester I 2013. Direktur Utama Bank Danamon Henry Ho memaparkan, laba perseroan sepanjang senam bulan pertama tahun ini sebesar Rp 1,99 triliun. Angka ini turun 1 persen dibanding perolehan laba pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2 triliun.

Meskipun laba perseroan lebih rendah dibanding tahun lalu, kinerja Danamon diklaim masih positif. Henry menyebutkan, salah satu faktor yang membuat laba Danamon tergerus adalah inflasi.

"Inflasi menjadi tema utama pada kuartal kedua tahun 2013, yang terutama disebabkan oleh kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada pertengahan Juni tahun 2013. Namun demikian, dalam semester pertama tahun ini, lingkungan usaha yang kondusif secara relatif tetap dapat terjaga. Oleh karena itu, kami dapat membukukan kinerja yang positif pada enam bulan pertama di tahun ini," tutur Henry di Menara Danamon, Jakarta, Kamis (18/7).

Direktur Keuangan Bank Danamon Vera Eve Lim menambahkan, tergerusnya laba perseroan disebabkan oleh inflasi yang berimbas pada biaya operasional yang meningkat cukup signifikan. "Biaya operasional meningkat 12 persen. Itu wajar," imbuh Vera.

Sedangkan aset perseroan tercatat meningkat 4 persen menjadi Rp 158,1 triliun dari Rp 152,4 triliun pada semester I 2012. Dana pihak ketiga (tabungan, giro, deposito) turun sebesar Rp 388 miliar dari Rp 93,33 triliun pada semester I 2012 menjadi Rp 92,94 triliun pada semester I tahun ini.

Rasio kecukupan modal perseroan secara konsolidasi (consolidated capital adequacy ratio/CAR) menurun 0,1 persen dari 18,8 persen pada semester I 2012 menjadi 18,7 persen atau berada jauh di atas ketentuan rasio kecukupan modal (CAR) yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 8 persen. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Danamon

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.