Inflasi stabil bikin rupiah dibuka menguat ke Rp 13.608 per USD

Selasa, 2 Februari 2016 09:57 Reporter : Novita Intan Sari
Inflasi stabil bikin rupiah dibuka menguat ke Rp 13.608 per USD Ilustrasi Rupiah Naik. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih melanjutkan penguatan, data Bloomberg menunjukkan di posisi Rp 13.608 per USD atau menguat 0,18 persen dibandingkan penutupan kemarin di level Rp 13.631 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan rilis inflasi yang dianggap masih dalam kisaran stabil memberikan sentimen positif pada laju Rupiah. Bahkan imba keputusan BoJ tidak banyak berdampak pada perkembangan laju Rupiah. Dampak dari keputusan BoJ yang menerapkan suku bunga negatif berimbas pada Yen yang terus mengalami pelemahan.

Langkah BoJ ini dimaksudkan guna menghidupkan kembali perekonomian Jepang agar bangkit dari keadaan deflasi. Alhasil, pelaku pasar terlihat terus melakukan tekanan jualnya terhadap Yen. Aksi tersebut akibat dampak dari penerapan suku bunga negatif sehingga berimbas langsung pada mata uang Yen itu sendiri.

Sementara itu, mata uang negara-negara berkembang kecuali Rupiah, terpukul oleh angka manufaktur Tiongkok yang lemah sehingga memicu kekhawatiran terhadap negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Pelaku pasar kembali melakukan tekanan jual terhadap Yuan yang terlihat dimana Laju Yuan terhadap USD pada perdagangan kemarin terlihat melemah 0,25 persen di level 6,61.

Hingga ulasan ini ditulis, rupiah berada di level Rp 13.635 di pasar spot valas atau cenderung mengalami peningkatan. Masih adanya sentimen positif memberikan ruang bagi Rupiah untuk dapat bertahan di zona hijau.

"Diharapkan panguatan dapat kembali terjadi pada Rupiah. Selain itu, capital inflow yang masih kembali masuk baik di ekuitas maupun obligasi diharapkan dapat mempertahankan laju kenaikan lanjutan Rupiah dengan Support 13.780 serta Resisten 13.545. Tetap cermati sentimen yang ada terhadap laju Rupiah," ujarnya dalam riset harian. [yud]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini