Industri Film Terdampak Pandemi, Dian Sastrowardojo Tulis Surat Terbuka ke Jokowi

Senin, 8 Maret 2021 12:52 Reporter : Merdeka
Industri Film Terdampak Pandemi, Dian Sastrowardojo Tulis Surat Terbuka ke Jokowi Dian Sastro. ©2020 Merdeka.com/instagram.com

Merdeka.com - Artis Dian Sastrowardojo menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo melalui Instagram pribadinya @therealdisastr, mengenai industri film yang terdampak pandemi covid-19. Menurutnya, industri film merupakan bagian penting dari Indonesia, bagi pekerjanya, bagi penontonnya, bagi keseluruhan industri kreatif.

"Industri film kini mengalami pukulan keras di tengah pandemi Covid-19. Puluhan ribu pekerjanya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat. Industri film juga sudah kehilangan potensi pemasukan terbesarnya, karena bioskop sedang kesulitan bertahan," tulis Dian Sastro, dikutip liputan6.com, Senin (8/3).

Menurut aktris kelahiran Jakarta ini, walaupun bioskop telah dibuka dengan kapasitas hanya 50 persen, ternyata masih ditakuti masyarakat untuk dikunjungi. Akibatnya karyawan bioskop yang besar jumlahnya dan tersebar di seluruh Indonesia makin terancam kehilangan pekerjaan.

Sementara pembajakan film yang di masa pandemi ini kian merajalela, terus mengancam masa depan industri film Indonesia. "Bapak Presiden yang tercinta, seperti yang Bapak ketahui, masih banyak yang tidak memahami pentingnya eksistensi film Indonesia untuk bangsa ini. Keberhasilan industri film di sebuah negara adalah investasi besar," katanya.

Dia menjelaskan, film tidak hanya menyumbangkan kontribusi pada perekonomian, tapi juga memberikan kekuatan nilai terhadap identitas dan strategi budaya. Film adalah media yang populer.

Baca Selanjutnya: Film bisa efektif membangun ke-Indonesia-an...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini