Industri Baterai Kendaraan Listrik Bakal Jadi Daya Tarik Investasi RI

Rabu, 15 September 2021 11:26 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Industri Baterai Kendaraan Listrik Bakal Jadi Daya Tarik Investasi RI Presiden Joko Widodo. YouTube @Sekretariat Presiden ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pabrik baterai kendaraan listrik ini merupakan joint venture dari dua perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution. Jokowi pun optimistis kehadirannya akan turut mendongkrak investasi di sektor industri turunannya seperti mobil listrik.

"Pengembangan industri baterai juga akan meningkatkan daya tarik indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang gunakan baterai, seperti investasi motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik," kata Jokowi dalam siaran video secara virtual, Rabu (15/9).

Jokowi menyatakan, Pemerintah RI bekomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Pemerintah juga akan terus menggulirkan reformasi sruktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan berizin kepada pelaku usaha, investor untuk mengembangkan usahanya di Indonesia," tuturnya.

Di sisi lain, pemerintah masih sangat terbuka atas inisiatif kerja sama dengan negara-negara sahabat lain terkait pengembangan industri baterai kendaraan listrik ke depan.

"Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Indonesia dan Korea Selatan ini bisa diperkuat, termasuk realisasi kerja sama investasi industri baterai ini. Saya berpesan kolaborasi yang terbangun bukan hanya di perusahaan besar atau BUMN-BUMN kita, tapi juga melibatkan UMKM," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Perusahaan Rintisan Investasi Pluang Kantongi Pendanaan Rp748 Miliar
Sri Mulyani Harap KEK Percepat Pemulihan Ekonomi Lewat Investasi
Petrokimia Gresik Berencana Bangun Pabrik Soda Ash Rp 4,5 T, Pertama di Indonesia
Wapres Ma'ruf Amin Ajak Anak Muda Investasi Sejak Dini, ini Manfaatnya
Komisaris Utama PT PP Diangkat Jadi Komut Startup Investasi Ajaib
Menko Airlangga Sebut Penyaluran KUR per 2 Agustus Capai Rp148,08 T

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini