Indonesia masih untung hingga 30 tahun ke depan

Jumat, 5 Oktober 2012 10:52 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Indonesia masih untung hingga 30 tahun ke depan job fair. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah menyatakan Indonesia memiliki keunggulan jumlah penduduk usia produktif. Keunggulan tersebut akan menguntungkan Indonesia hingga 30 tahun ke depan. Hal ini dapat membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. [noe]

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, usia produktif adalah salah satu keunggulan Indonesia di saat negara-negara lain sudah masuk usia tidak produktif.

"Indonesia akan memiliki itu (keuntungan usia produktif) sampai 2040. Negara maju sudah masuk aging society di mana penduduk usia 60 tahun mencapai 15-20 persen," ujar Mahendra saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (5/10).

Usia produktif di Indonesia didominasi oleh penduduk kelas menengah. Setidaknya ada sekitar 45 juta penduduk Indonesia yang masuk kelompok kelas menengah.

"Di 45 juta saja sudah beri pertumbuhan 6 persen di tengah krisis global, bayangkan jika bisa lebih dari itu," tuturnya.

Besarnya kelas menengah turut mendongkrak konsumsi domestik. Tingginya konsumsi domestik selain membantu pertumbuhan, juga mendorong investasi masuk ke Indonesia.

"Contoh otomotif, ketika penjualan baru 200.000 tidak ada yang mau berinvestasi namun ketika mendekati 1 juta unit penjualan maka semua (investasi) masuk," jelasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Ekonomi Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini