Indonesia buka peluang kembangkan investasi dengan Bangladesh

Rabu, 18 Juli 2018 11:00 Reporter : Merdeka
Indonesia buka peluang kembangkan investasi dengan Bangladesh Primary Dealers Bangladesh Limited di BEI. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan asosiasi perbankan dari Bangladesh, yakni Primary Dealers Bangladesh Limited (PDBL) dalam rangka melihat potensi pasar investasi yang bisa dikembangkan di masing-masing negara.

Direktur PT Penilai Harga Efek Indonesia (Indonesia Bond Pricing Agency/IPBA) Wahyu Trenggono mengatakan, hingga saat ini infrastruktur investasi di Bangladesh masih sederhana dan juga konvensional.

"IPBA di sini tugasnya memfasilitasi mereka untuk bisa dialog langsung dengan otoritas dan pelaku pasar. Kita ajak ketemu dengan asosiasi, money market broker, OJK dan Kementerian Keuangan. Harapannya mereka bisa kembangkan pasar di Indonesia," tuturnya di Gedung BEI, Rabu (18/7).

Sedangkan peluang untuk Indonesia, dapat berupa penilaian teknikal (technical assistant). "Ini peluang kepada para pengusaha di Indonesia. Misal, di Bangladesh belum ada kantor money market broker, kita bisa buka cabang di sana. Baik dari perbankan, money market broker, atau IPBA-nya sendiri kita bisa tawarkan jasa," imbuhnya.

Oleh karena itu, Wahyu menekankan Indonesia membuka penuh segala potensi kerja sama yang dapat dikembangkan dengan Bangladesh.

"Potensi dari semua aspek, baik itu G2G (government to government) dan B2B. Kita ajak dialog, apa yang mereka belum punya. Kita di Indonesia sudah ada bond pricing agency dan money market broker, nah mereka belum ada sama sekali," tandasnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini