Indonesia Berambisi Kalahkan Ekspor Buah Naga Vietnam

Selasa, 11 Agustus 2020 12:31 Reporter : Anggun P. Situmorang
Indonesia Berambisi Kalahkan Ekspor Buah Naga Vietnam Ilustrasi buah naga. StyleCraze

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan bahwa Indonesia kini tengah mengembangkan ekspor buah naga ke berbagai negara. Dia bahkan menginginkan ekspor buah tropis tersebut mampu mengalahkan Vietnam yang selama ini sudah menguasai pasar.

"Buah naga mempunyai potensi yang terus dikembangkan mengalahkan Vietnam, karena buah naga Indonesia bisa dipanen sepanjang tahun disebabkan letak geografis Indonesia di garis khatulistiwa," ujar Agus dalam konferensi virtual, Jakarta, ditulis Selasa (11/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), buah naga menjadi salah satu komoditas ekspor buah yang terbesar pada periode Januari hingga Maret 2020 yaitu menyumbang sebesar 234 persen. Kemudian, disusul oleh buah mangga 95,49 persen.

Dia melanjutkan, masih dari data BPS per Juni 2020, ekspor buah-buahan tumbuh sebesar 23,21 persen. Di mana nilai ekspor tercatat sebesar USD 430,4 juta. "Jenis buah yang menyumbang ekspor adalah mangga, kacang-kacangan dan nanas. Ini diekspor ke Thailand, Vietnam, Malaysia, RRT dan India," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Tambah Devisa Negara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini