Indonesia baru bisa ungguli Vietnam di ekspor kayu dan karet

Kamis, 15 Februari 2018 16:38 Reporter : Dwi Aditya Putra
Indonesia baru bisa ungguli Vietnam di ekspor kayu dan karet Furniture. agro.kemenperin.go.id

Merdeka.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi mengatakan, ekspor komoditas Indonesia masih kalah dengan Vietnam. Sementara, Indonesia baru bisa mengungguli Vietnam untuk ekspor kayu dan karet.

Dia menjelaskan, jumlah produk kayu yang bisa diekspor Indonesia mencapai angka USD 10,9 milliar, sementara Vietnam hanya berada di angka USD 7,6 milliar. Sedangkan untuk komoditas produk karet Indonesia mencapai USD 2,5 milliar, dan Vietnam hanya USD 2,2 milliar.

"Tahun 2017 nilai ekspor komoditas unggulan Vietnam juga berada jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia," kata Ibnu saat berdialog dengan wartawan di Retoran Cikang, Jakarta Pusat, Kamis, (15/2).

Meski Indonesia memiliki kekayaan laut yang melimpah, namun nilai ekspor komoditas ikan Vietnam mencapai USD 4,5 milliar, sementara Indonesia baru mencapai USD 3,6 milliar. Sedangkan nilai ekspor Vietnam untuk komoditas udang mencapai USD 3,8 milliar, Indonesia baru di angka USD 1,8 milliar.

Tidak hanya itu, bahkan komoditas lainnya, seperti kacang mete, lada, dan beras juga kalah tertinggal. "Secara umum kalau dari perdagangan komoditasnya itu memang total ekspor dia lebih tinggi dari Indonesia," ucapnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini