Indonesia Bakal Punya Start Up dengan Pendanaan di Atas USD 10 Miliar

Jumat, 7 Desember 2018 13:46 Reporter : Merdeka
Indonesia Bakal Punya Start Up dengan Pendanaan di Atas USD 10 Miliar Menkominfo Rudiantara. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia saat ini mendominasi pasar start up di ASEAN. Dari 7 perusahaan start up dengan kapitalisasi pendanaan di atas USD 1 miliar (Unicorn), setidaknya 4 di antaranya berasal dari Indonesia. Yaitu Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan Go-Jek.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, tahun depan dari ke empat unicorn asal Indonesia tersebut, salah satunya akan naik kelas menjadi Decacorn.

"Kalau unicorn kan dia USD 1 miliar, kalau Decacorn ini pendanaannya sudah di atas USD 10 miliar," kata Rudiantara di Balai Kartini, Jumat (7/12).

Meski demikian, Rudiantara mengaku nantinya akan muncul start up baru lagi untuk bergabung dengan jajaran unicorn yang telah eksis sebelumnya. Hanya saja, dia masih merahasiakan start up apa yang akan masuk dan yang akan menjadi decacorn.

Menurutnya, perkembangan ekonomi digital di indonesia sangatlah pesat. Bahkan pada tahun ini porsi ekonomi digital terhadap PDB Indonesia diperkirakan mencapai 8,5 persen. Angka ini naik dibandingkan kontribusi tahun 2017 yang saat itu 7,3 persen.

Untuk mendorong terus berkembangnya ekonomi digital ini, Kominfo bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah mempermudah prosedur lahirnya start up.

"Kita itu tidak menerapkan regulasi untul start up, istilahnya biarkan mereka berkembang dulu baru kita tata. Jangan beluk apa-apa udah disuruh ini itu, itu justru akan mempersulit mereka," pungkasnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini