Indef Sebut Masalah Garuda Indonesia Seperti Gunung Es

Selasa, 8 Juni 2021 15:50 Reporter : Anggun P. Situmorang
Indef Sebut Masalah Garuda Indonesia Seperti Gunung Es Garuda Indonesia. merdeka.com

Merdeka.com - Pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, permasalahan Garuda Indonesia sudah seperti gunung es. Sebab, masalah maskapai pelat merah tersebut bertubi-tubi dan terus menumpuk.

"Jadi ini sebenarnya persoalan gunung es. Kalau dilihat persoalannya banyak, persoalan manajerial, structure cost, pengelolaan keuangan, dan efisiensi," ujar Enny dalam diskusi online, Jakarta, Selasa (8/6).

Enny menjelaskan salah satu persoalan Garuda Indonesia yang paling fatal adalah pengelolaan utang. Di mana utang, mayoritas berasal dari negara asing atau dalam valuta asing.

"Kesalahan aksi korporasi, ugal-ugalan juga tidak memperhitungkan finansial dari sisi utang. Utang mungkin bunga nya rendah, tapi tak berpikir utangnya itu di dalam valuta asing sehingga resiko valuta asingnya tidak diperhitungkan," katanya.

Utang ini semakin membengkak, sebab pada 2017 hingga 2018 sempat terjadi goncangan yang hebat pada nilai tukar. Rupiah saat itu, terus melemah terhadap Dollar Amerika Serikat (USD). Tercatat secara rata-rata mencapai Rp15.000 per USD.

"Pada 2017 hingga 2018 itu tekanan terhadap nilai tukar itu luar biasa hampir menyentuh dalam beberapa bulan hampir bertengger di level Rp15.000-an. Sementara secara cost structure 75 persen harus dibayar dengan USD. Artinya, musabab awal Garuda memang aksi korporasi yang tidak prudent," jelasnya.

Enny menambahkan, persoalan Garuda Indonesia sebenarnya bukan sekali ini saja timbul ke permukaan. Sebelumnya, badan usaha milik negara itu pernah kedapatan melakukan manipulasi data keuangan yang membuat geger publik.

"Perdebatan Garuda ini sudah terjadi sebenarnya sebelum Covid. Maskapai ini pernah laporan keuangannya digincuin harusnya, belum masuk, dimasukin. Ini warning sebenarnya saat itu," tandasnya. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Garuda Indonesia
  3. Indef
  4. BUMN
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini