INDEF Minta Pemerintah Perketat Aturan Larangan Mudik, ini Alasannya

Senin, 27 April 2020 17:38 Reporter : Sulaeman
INDEF Minta Pemerintah Perketat Aturan Larangan Mudik, ini Alasannya Arus Mudik di Tol Cipali. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Deniey A Purwanto, mendorong pemerintah memperketat aturan larangan mudik Lebaran 2020. Ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru atau covid-19 di wilayah Indonesia yang kian masif.

"Makin ketat banyak dilakukan pembatasan. Maka secara teoritis dapat menahan puncak dari pandemi covid-19," kata Deniey melalui video conference, Senin (27/4).

Dia mengatakan wabah virus corona, tidak hanya berdampak buruk bagi ekonomi dunia, tetapi juga ekonomi nasional. Selain itu, wabah ini juga berdampak buruk bagi industri nasional pada periode awal 2020. Setelah sejumlah perusahaan menghentikan kegiatan operasionalnya akibat hasil produksi yang tidak bisa diserap oleh pasar.

Wabah virus corona turut berdampak pada banyak tenaga kerja yang terkena PHK ataupun terpaksa dirumahkan. Imbasnya daya beli masyarakat semakin menurun setelah mereka kehilangan pendapatan.

Oleh karenanya langkah tegas mutlak diperlukan pemerintah dalam menerapkan kebijakan larangan mudik, seperti dengan memberikan sanksi tegas bagi pemudik nekat serta memberikan bantuan yang laik bagi masyarakat perantauan yang mengalami gagal mudik. Sehingga wabah virus corona dapat segera diakhiri karena terbatasnya mobilitas sosial yang berpotensi besar menyebarkan virus covid-19.

"Karena semakin lama wabah ini, biaya yang harus ditanggung pemerintah akan semakin berat," pungkas dia.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Larang Mudik Mulai 24...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini