Incar jadi Pemasok Udang Terbesar Dunia, KKP Target Produksi Naik 2 Juta Ton/Tahun

Sabtu, 6 Maret 2021 17:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Incar jadi Pemasok Udang Terbesar Dunia, KKP Target Produksi Naik 2 Juta Ton/Tahun Ilustrasi Udang Vannamei. ©2021 Merdeka.com/news.kkp.go.id

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyadari pasar udang termasuk yang terbesar di dunia. Namun sayangnya sumbangsih Indonesia masih kecil. Hanya USD 2 miliar dari sekitar USD 24 miliar nilai pasar udang di dunia.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja mengatakan, untuk mengejar ketertinggalan tersebut KKP menargetkan sebanyak 2 juta ton produksi udang untuk di masing-masing wilayah seluruh Indonesia. Beberapa tempat pun dipilih untuk dijadikan kawasan tambah estate.

"Kita bisa desain tambak estase keruk pasar USD 24 miliar. Kita nomor 7 hannya USD 2 miliar, kita bisa dorong agar tembus ke atas," jelas dia dalam Rapat Kerja Hipmi 2021, Sabtu (6/3).

Dia mengatakan, setidaknya target 2 juta ton per hektare area akan tercapai pada 2024. Sebab, sejauh ini luasan produksi baru 856.000 saja.

"Kami dorong naik 2 juta ton sekarang kami pilih daerah mana yang dipilh. Aceh Timur ada 10.000 Ha kami sudah lihat lokasinya, cocok kami bisa bikin kluster," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini KKP sudah mengunci tarif bea masuk ke Amerika Serikat dan Eropa. KKP mencoba menurunkan tarif bea masuk agar udang bisa bersaing secara harga dan lebih kompetitif. "Ini salah satu strategi kami," singkatnya.

Baca Selanjutnya: Menteri Trenggono Dorong Peningkatan Pendapatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini