INAICTA 2013 lombakan software industri pariwisata

Kamis, 14 Februari 2013 11:11 Reporter : Ardyan Mohamad
INAICTA. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam gelaran Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013, panitia akan membuka kategori program perangkat lunak khusus pariwisata. Hal ini untuk semakin mengembangkan industri turisme dalam negeri.

Ketua panitia INAICTA Andreas Surya menyatakan adanya kategori baru itu merupakan salah satu inovasi karena pariwisata meski menghasilkan devisa dan kunjungan turis tinggi, relatif minim mengintegrasikan teknologi informasi.

"Padahal pariwisata katanya menopang ekonomi Indonesia, dan kita bergantung sama turisme, makanya yang kita hidupkan lagi kategori lomba aplikasi untuk turisme dan hospitality," ujarnya di Kantor Kementerian Telekomunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (14/2).

Surya berharap aplikasi yang dibuat oleh pemenang INAICTA bisa dimanfaatkan oleh kementerian yang berminat. Misalnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pihaknya sebagai panitia akan mendekati dan menawarkan nota kesepahaman (MoU).

"Tahun ini kami akan merangkul lebih banyak kementerian lain, supaya alumni ini bisa diapresiasi," katanya.

INAICTA tahun ini merupakan penyelenggaraan ketujuh kalinya. Panitia akan membuka pendaftaran karya sampai 3 Juni mendatang, dan batas akhir pendaftaran 31 Juli, dengan penjurian dilakukan pada 8 Agustus. 21 kategori lomba dibuka bagi peserta umum, pelajar, dan robot. Selain perangkat lunak turisme, Andreas menyatakan sengaja menggenjot produksi game dari peserta lomba.

"Potensinya market besar, makanya kita tahun ini menambah kategori game, termasuk edu-game sebagai media pembelajaran," ungkapnya. [arr]

Topik berita Terkait:
  1. INAICTA
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini