IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ri di 2021, Ini Kata Sri Mulyani

Jumat, 9 April 2021 16:42 Reporter : Merdeka
IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ri di 2021, Ini Kata Sri Mulyani Sri Mulyani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara seputar prediksi Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) yang mengkoreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 4,3 persen pada 2021, atau lebih rendah dari proyeksi pemerintah di level 4,5-5,3 persen.

Menurut Sri Mulyani, prediksi IMF tersebut keluar karena faktor ketidakpastian di tengah wabah pandemi Covid-19 pada tahun ini.

"Buat kita semua prediksi sekarang selalu subject to uncertainty. Pasti asumsinya macam-macam, vaksinasi, terjadi 3rd wave, dan yang lain-lain," ujar Sri Mulyani dalam Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Bali, Jumat (9/4).

Namun, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, Pemerintah akan terus mengontrol dari sektor kebijakan dan melakukan penyesuaian diri (adjusment). "Makanya tahun 2021 kita melakukan berbagai adjusment sesudah kita cukup berhasil untuk menahan kontraksi tidak terlalu dalam," kata Sri Mulyani.

Dia kemudian membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih lebih baik dibanding negara lain, dengan minus 2,19 persen di kuartal IV 2020 berbanding negatif 8-9 persen. "Itu karena fiskal defisit yang relatif lebih kecil defisitnya, yaitu 6 persen dibandingkan negara lain yang defisitnya bisa double digit yaitu 10-12 bahkan 15 persen seperti di Amerika Serikat," terangnya.

Pemerintah disebutnya juga terus mempercepat program vaksinasi di 2021 ini. Menurut dia, vaksinasi akan menjadi faktor penentu (game changer) dalam proses pemulihan di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi ini yang akan menjadi salah satu yang kita akselerasi. Indonesia termasuk the top 10 countries yang sudah sangat banyak," tukas Sri Mulyani.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini