ILO: 1,25 Miliar Pekerja di Dunia Terancam Kena PHK

Jumat, 10 April 2020 07:00 Reporter : Merdeka
ILO: 1,25 Miliar Pekerja di Dunia Terancam Kena PHK Demo buruh. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Organisasi Buruh Internasional (ILO) mencatat, sebanyak 81 persen tenaga kerja global yang berjumlah sekitar 3,3 miliar, atau 2,67 miliar pekerja saat ini terkena dampak penutupan tempat kerja akibat pandemi virus corona (Covid-19).Sementara 1,25 miliar pekerja di antaranya terancam kena pemutusan hubungan kerja (PHK)

"Para pekerja dan dunia usaha sedang menghadapi bencana, baik di perekonomian maju dan berkembang," ujar Direktur Jenderal ILO, Guy Ryder dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (9/4).

ILO memperkirakan, krisis virus corona pada kuartal II 2020 dapat mengurangi 6,7 persen jam kerja di tingkat global, atau setara dengan 195 juta pekerja penuh waktu.

Adapun sektor-sektor yang paling berisiko terdampak pelemahan ekonomi akibat virus corona mencakup layanan akomodasi dan makanan, manufaktur, eceran (ritel), serta kegiatan bisnis dan administratif.

Menurut ILO, wabah virus corona merupakan krisis global terburuk sejak Perang Dunia II. "Ini merupakan ujian terbesar dalam kerja sama internasional selama lebih dari 75 tahun," kata Ryder.

Baca Selanjutnya: Pengurangan Upah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini