IHSG Terimbas Virus Corona, Sandiaga Sarankan Investor Ambil Posisi Selektif Beli

Sabtu, 7 Maret 2020 21:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
IHSG Terimbas Virus Corona, Sandiaga Sarankan Investor Ambil Posisi Selektif Beli Sandiaga Uno. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengusaha yang juga Politikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno, menyarankan investor dalam negeri memasang posisi selektif beli saat ini di pasar modal. Menurutnya, penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) imbas sentimen virus corona masuk RI, menjadi momentum mengoleksi portofolio jangka panjang.

"Pilih komoditas-komoditas yang unggulan. Pilih emiten yang punya tata kelola (GCG) yang baik, ini saatnya kita mengakumulasi beli," ujarnya di Jakarta, Sabtu (7/3).

Menurutnya, penurunan IHSG wajar karena faktor ketidakpastian hingga memicu kecemasan imbas dari adanya virus corona. Namun, dia menilai penurunan ini akan sementara, dan IHSG akan naik kembali.

"(Gerak IHSG) Ini akan menemukan bottomnya dan akan segera diikuti dengan rebound. Ini kita sebut sebagai J curve. Efek J curve, pelaku pasar harus bisa menyikapi dengan sangat rasional. Karena kita sudah tahu, bahwa secara fundamental ekonomi kita tidak terlalu berubah. Hanya ada distorsi supply dan penurunan permintaan masyarakat (akibat virus corona)," jelasnya.

1 dari 1 halaman

OJK Siap Antisipasi Pelemahan IHSG

antisipasi pelemahan ihsg

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengatakan, pelemahan IHSG beberapa hari ini sejalan dengan tekanan yang terjadi di berbagai bursa saham dunia yang dilatarbelakangi oleh sentimen negatif penyebaran virus Corona yang semakin meluas ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.

Untuk itu, OJK akan memperhatikan secara ketat perkembangan dan dinamika pasar saham baik global, regional maupun domestik. OJK akan terus berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia untuk melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan sesuai dengan kewenangan.

"OJK bersama Pemerintah dan BI telah dan akan terus mensinergikan kebijakan untuk memberikan stimulus dan menjaga kepercayaan publik khususnya investor," kata Sekar melalui keterangan resminya.

[bim]

Baca juga:
Menengok Kesiapan RS Swasta Hadapi Virus Corona
Pulang Berlibur, TKA China yang Masuk ke Indonesia Wajib Dikarantina
Corona Merebak, KRL Tetap Ramai Penumpang
Gara-Gara Virus Corona, Hotel di Bali Rugi Rp1 T Karena 40.000 Pembatalan Pesanan
Formula E Tak Dihentikan Meski Ada Corona, Sandi Ingatkan Keselamatan Masyarakat
Satu Orang di Bandung Suspect Corona Tertular dari Kasus 1

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini