IHSG Diprediksi Bakal Kembali ke Level 6.000 dalam Waktu Dekat

Selasa, 24 November 2020 12:58 Reporter : Merdeka
IHSG Diprediksi Bakal Kembali ke Level 6.000 dalam Waktu Dekat IHSG di BEI. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa kembali naik ke level 6.000 dalam waktu dekat.

Hal ini dikarenakan kebijakan yang dikeluarkan oleh OJK untuk menstimulasi ekonomi seperti pengetatan trading halt dan membolehkan emiten membeli kembali saham tanpa RUPS. Sehingga fundamental emiten lebih baik dan muncul sentimen positif.

Menurutnya, kebijakan yang telah diambil baik di sektor riil maupun moneter telah memberikan confident (rasa percaya diri) di pasar modal sehingga IHSG bisa meningkat. Tercatat, pada 23 November, IHSG menyentuh level 5.652.

"Dan kita harapkan bisa mencapai 6.000 karena memang pada saat sebelum turun karena Covid-19 itu di atas 6.000," ujar Wimboh dalam webinar CEO Networking, Selasa (24/11).

Wimboh juga mendukung jumlah emiten saham domestik agar terus bertambah. Meski levelnya kecil, hal ini dinilai dapat menjaga integritas pasar modal dan meningkatkan investor dalam negeri, sehingga pasar modal Indonesia tidak perlu ketergantungan dengan portofolio saham dari luar negeri.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi investor ritel dalam negeri dengan basis yang luas sehingga harus dioptimalkan.

"Kami mengharapkan masih banyak lagi emiten-emiten yang pipeline dan juga investor ritel dengan teknologi kita harapkan bisa lebih marak lagi ke depan," tuturnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini