Hujan aksi jual, IHSG diprediksi melemah

Senin, 27 Januari 2014 07:22 Reporter : Sri Wiyanti
Hujan aksi jual, IHSG diprediksi melemah

Merdeka.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan berada di kisaran support 4423-4430 dan resistance 4468-4483.

"Diperkirakan aksi jual masih akan terjadi sehingga IHSG pun akan berimbas turun," kata Analis Trust Securities Reza Priyambada, Senin (27/1).

Jumat (24/1) lalu, setelah bergerak anomali dan tidak kuat berada di area overboughtnya, IHSG mulai lunglai menghadapi aksi ambil untung dari para pelaku pasar. Saham-saham yang sebelumnya masih diharapkan naik, mulai melemah dengan adanya aksi tersebut.

Pelemahan IHSG turut ditunjang laju bursa saham AS hingga Asia yang menunjukkan penurunannya setelah berbagai sentimen yang kurang baik. Antara lain, rilis beberapa kinerja emiten global yang di bawah estimasi serta rilis data makro ekonomi China dan Jepang yang kurang sesuai dengan ekspektasi pasar. Pelaku pasar pun memanfaatkan berbagai sentimen negatif tersebut untuk keluar pasar.

Topik pilihan: Ekonomi Indonesia | Rupiah

"Kebetulan juga, mayoritas harga saham juga sudah berada di area overbought sehingga makin menambah hasrat untuk jualan."

Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level tertinggi 4480,62 yang di awal sesi 1 dan terendah 4437,34 jelang preclosing dan berakhir di level 3327,34.

Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett sell dengan penurunan nilai transaksi beli dan kenaikan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett buy.

"Sepanjang pekan kemarin, asing masih tercatat beli dengan nilai Rp803,25 miliar atau lebih rendah dari sebelumnya yang melakukan aksi beli senilai Rp3,27 triliun," katanya. [yud]

Baca juga:
Mengekor bursa di Asia, IHSG dibuka melemah 79,61 poin
IHSG ditutup melemah, saham sektoral di zona merah
Kompak dengan bursa Asia, IHSG dibuka melemah
Meski berpotensi menguat, IHSG terancam aksi ambil untung
IHSG hanya berhasil menguat tipis

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. IHSG
  3. Bursa Saham
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini