Holding Ultra Mikro Disebut Tak Ganggu Model Bisnis Bank BRI

Senin, 13 September 2021 13:47 Reporter : Merdeka
Holding Ultra Mikro Disebut Tak Ganggu Model Bisnis Bank BRI Direktur Utama BRI Sunarso. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso mengatakan, holding BUMN Ultra Mikro tak akan mengganggu model bisnis dari ketiganya. Bahkan, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan menyinergikan masing-masing fokus operasional dari perusahaan tersebut.

"Tak akan merubah bisnis model, dijamin dan dipastikan masing-masing entitas tak akan berubah bisnis modelnya, kecuali karena tuntutan digitalisasi," katanya dalam Konferensi Pers pasca Penandatanganan Perjanjian Pengalihan Saham terkait Pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro, Senin (13/9).

Dia menjelaskan, digitalisasi akan jadi satu-satunya yang akan mengubah bisnis model perusahaan. Karena, hal ini dipercaya sebagai kemajuan bagi perusahaan baik BRI, Pegadaian, dan PNM.

"Jadi kalau memang tuntutannya digitalisasi masa kita harus manual terus. Itu tidak mungkin, saya akan tekankan dengan bergabungnya BRI, Pegadaian, dan PNM menjadi satu ekosistem perlu dicatat bahwa penggabungan bukan merger," katanya.

Dengan penggabungan yang bukan merger, katanya, berarti tidak ada satu perusahaan manapun dalam Holding BUMN Ultra Mikro yang akan melebur ke perusahaan lainnya atau melebur ke BRI sebagai induk holding.

Penggabungan dalam satu ekosistem holding ini, kata Sunarso, akan memudahkan ketiga perusahaan untuk bisa berkembang dan kembali fokus pada model bisnisnya masing-masing. Sehingga, akan membuat perusahaan bisa lebih fokus menghadapi tantangan yang ada.

"Jadi tidak ada yang melebur kemanapun, seperti pegadaian misalnya, kalau dia berdiri sendiri pertahankan pertumbuhannya itu fokusnya terpecah. Kalau gadai saja sudah dihajar fintech. Tapi dengan bergabung dalam ekosistem ini jadi fokus ke core bisnisnya (pegadaian)," katanya.

Sementara untuk PNM, dikatakan bisa fokus terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Pegadaian dan BRI yang memberikan dukungan tambahannya. Buktinya, dengan sinergi ini, tiap cabang BRI akan juga ditempati oleh pegawai Pegadaian dan PNM.

"PNM bisa fokus pada empowering people. Bisa kita perkuat kalau support urusan lain-lain bisa di-support anggota holding. Misalnya, PNM gak usah pusing-pusing cari dana, biarkan BRI yang cari dananya," terangnya.

Baca Selanjutnya: Tantangan Fintech...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini