Holding Ultra Mikro Diminta Beri Bunga Lebih Rendah ke UMKM

Senin, 13 September 2021 11:54 Reporter : Dwi Aditya Putra
Holding Ultra Mikro Diminta Beri Bunga Lebih Rendah ke UMKM Penandatanganan perjanjian peralihan saham tiga perusahaan Holding BUMN Ultra Mikro. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Pembentukan Holding Badan Usaha Milik Negara BUMN Ultra Mikro telah memasuki babak akhir usai dilakukan Penandatanganan Perjanjian Pengalihan Saham dalam rangka Pembentukan Holding Ultra Mikro hari ini. Holding Ultra Mikro melibatkan tiga BUMN, di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero), PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Mardani (Persero).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menginginkan, dengan sudah selesainya babak akhir pembentukan Holding Ultra Mikro ini ketiga BUMN dapat lebih berpihak kepada para pelaku usaha ultra mikro dan UMKM. Caranya lewat pemberian bunga murah.

"Saya ingin memastikan bahwa bisa terjadi bagaimana keberpihakan bunga lebih murah untuk yang di bawah. Dan sesuai dengan kesepakatan kita waktu itu para Dirut kalau bisa November ini sudah benar-benar terjadi," kata Erick Thohir, Senin (13/9).

Mantan Bos Inter Milan itu juga ingin memastikan pembentukan Holding Ultra Mikro ini dapat berjalan dengan baik melalui Program Senyum. Dia tak ingin lagi, dalam implementasinya di lapangan masih berjalan secara sendiri-sendiri.

"Dengan program senyum saya akan lihat bagaimana memastikan kita melayani dan tadi sinergi bisa bersatu. Jangan di era efisiensi dan digital disatu jalan saya liat BRI ada, PMN sendiri, ada Pegadaian sendiri, saya rasa bukan waktunya ke arah situ. Program Senyum harus terjadi," pinta Erick.

Di samping itu, Erick juga meminta transformasi bisnis dilakukan Holding Ultra Mikro ini harus juga didukung oleh transformasi human capital. Sebab, jika tidak didukung dengan human capital maka transformasi bisnis tidak ada artinya.

"Saya sangat berhadap transformasi di Holding Ultra Mikro ini juga menjadi transformasi yang impact full terhadap human capital kita. Human capital ada di Holding Ultra Mikro supaya kita pastikan dan berkompetisi secara terbuka dengan pasar terbuka dan ini keberpihakan yang berkelanjutan. Bukan politik. Seperti diharapkan bapak presiden kita harus menjaga UMKM kita," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini