Hippi Nilai Kehadiran Holding BUMN Ultra Mikro Naikkan Kelas UMKM

Rabu, 15 September 2021 12:49 Reporter : Dwi Aditya Putra
Hippi Nilai Kehadiran Holding BUMN Ultra Mikro Naikkan Kelas UMKM Pengrajin Rotan di Jakarta. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta menyambut baik pembentukan Holding Ultra Mikro yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebab, dengan adanya lembaga keuangan baru ini dapat memberikan secercah harapan terhadap pelaku UMKM yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan.

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, dengan adanya Holding Ultra Mikro ini secara otomatis akan mempercepat bangkitnya UMKM di masa pandemi. Sekaligus juga mempercepat UMKM naik kelas sebagaimana yang menjadi harapan bapak Presiden Joko Widodo.

Menurutnya BRI, Pegadaian dan PNM akan saling melengkapi memberikan layanan keuangan yang terintegrasi untuk keberlanjutan pemberdayaan usaha ultra mikro. Sehingga UMKM di Indonesia dengan kekuatan mencapai 60 juta pelaku usaha dapat bangkit dan menggerakkan ekonomi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

"Jika UMKM sudah mulai bergeliat tentu akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan karena memang selama ini sektor UMKM menyerap hampir 97 persen dari dari total angkatan kerja, sisanya 3 persen dari sektor korporasi," kata dia kepada merdeka.com, Rabu (15/9).

Dia menambahkan, kehadiran lembaga ini juga sekaligus menjawab kesenjangan yang selama ini dirasakan pelaku UMKM yang sangat sulit mendapatkan pinjaman modal. Terlebih dengan persyaratan yang tidak mampu dipenuhi pelaku UMKM.

Oleh sebab itu, dia ingin kehadiran Holding Ultra Mikro ini agar segera disosialisasikan kepada seluruh pelaku UMKM di Indonesia dan menawarkan skema pinjaman modal yang ramah bagi UMKM baik dari sisi kemudahan, persyaratan, jumlah dan suku bunga yang terjangkau.

"Terlebih dalam kondisi pandemi ini,di kala Pemerintah sudah memperluas kelonggaran pasti banyak pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan modal, tentu Holding Ultra Mikro ini menjadi tumpuan bagi UMKM," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Usulan Pengusaha...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini