HIPMI minta pemerintah jaga stabilitas keamanan jelang Pemilu

Kamis, 18 April 2013 12:27 Reporter : Saugy Riyandi
HIPMI minta pemerintah jaga stabilitas keamanan jelang Pemilu Nomor urut Parpol. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) meminta pemerintah menjaga stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2014. Sebab, stabilitas sosial politik dan keamanan menjadi tantangan dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Ketua Umum HIPMI Raja Sapta Oktohari mengatakan, kehidupan nasional dewasa ini cenderung mudah berubah menjadi kondisi yang tak stabil seiring memanasnya suhu politik dalam negeri.

"Sebagian kecil masyarakat sangat mudah terpancing emosinya dan mudah terprovokasi. Padahal dalam waktu singkat, kita senang atau tidak senang, siap atau tak siap akan kita hadapi yakni pemilu 2014 dan AEC 2015," ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (18/4).

Okto menjelaskan, walau bagaimanapun, AEC adalah salah satu perdagangan bebas yang perlu disikapi dengan kesiapan diri. "Ini agar komitmen Indonesia terhadap AEC tidak menjadi boomerang bagi kita sendiri," kata dia.

Okto melihat, penting bagi Indonesia menyiapkan diri menghadapi AEC. Sebab, hal ini menyangkut harkat dan martabat bangsa. "AEC secara tak langsung adalah suatu ajang kompetisi perdagangan antara negara-negara ASEAN," tegasnya.

Dia mengingatkan, saat ini skala ekonomi Indonesia sudah di peringkat ke 16 ekonomi di dunia. Indonesia menyumbang lebih dari 40 persen PDB dengan penduduk mencapai hampir setengah dari penduduk ASEAN.

"Hampir setengahnya adalah usia produktif, inilah keunggulan yang harus dimanfaatkan," ucapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014
  2. ASEAN
  3. HIPMI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini