Hingga Hari Ini, 5.152.006 Wajib Pajak Sudah Lapor SPT

Senin, 8 Maret 2021 17:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Hingga Hari Ini, 5.152.006 Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Menkeu Sri Mulyani. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat hingga hari ini Senin (8/3), Jumlah Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang masuk sebanyak 5.152.006. Di mana 96 persen di antaranya disampaikan melalui e-filing.

Kepatuhan penyampaian SPT menjadi poin penting untuk peningkatan penerimaan pajak dan dalam jangka panjang mampu untuk peningkatan kemandirian bangsa. Bila dibandingkan dengan Tahun 2020, maka tingkat pelaporan SPT Tahun 2021 mengalami penurunan.

"Dalam situasi Covid-19 bisa gunakan SPT elektronik, yang menggunakan SPT elektronik lebih banyak," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Senin (8/3).

Pelaporan SPT melalui e-filing dapat dilakukan melalui website. Sebelum melaporkan SPT, pastikan wajib pajak sudah memiliki dan melakukan aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN). EFIN merupakan nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh DJP untuk melakukan pelaporan SPT secara elektronik.

Apabila lupa EFIN, wajib pajak tidak perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN dengan melampirkan dokumen pendukung melalui Agen Kring Pajak, telepon/pesan Whatsapp ke nomor resmi KPP, surel resmi KPP, atau Direct Message (DM) akun media sosial KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Apabila lupa password, wajib pajak dapat melakukan reset password dengan menginput data NPWP, EFIN, dan email. Wajib pajak yang mengalami kendala pelaporan SPT juga dapat menghubungi saluran-saluran tersebut di atas untuk mendapatkan solusinya.

Kemenkeu, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak akan terus berupaya melakukan berbagai pembenahan melalui reformasi perpajakan sehingga tingkat kepatuhan penyampaian SPT diharapkan dapat meningkat setiap tahunnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini