Hingga Akhir Oktober, Aliran Modal Asing Masuk Capai Rp217,04 Triliun

Jumat, 1 November 2019 14:26 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Hingga Akhir Oktober, Aliran Modal Asing Masuk Capai Rp217,04 Triliun Gubernur BI Perry Warjiyo. ©2019 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk (capital inflow) ke Indonesia dari awal tahun hingga 31 Oktober 2019 sebesar Rp217,04 triliun. Inflow tersebut masuk melalui berbagai instrumen yaitu Surat Berharga Negara (SBN) dan saham.

"Terdiri dari ke obligasi pemerintah Rp165,2 triliun ke saham Rp49,9 triliun, ada sebagian kecil ke obligasi korporasi Rp2,06 triliun," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo saat ditemui di Masjid Kompleks Gedung BI, Jakarta, Jumat (1/11).

Dia menegaskan lancarnya aliran modal asing yang masuk ke Indonesia menandakan bahwa perekonomian nasional dipandang memiliki prospek yang baik dan investasi imbal hasil yang menarik oleh investor sehingga meningkatkan confidence atau kepercayaan mereka.

"Ini lagi-lagi mengonfirmasi bahwa confidence terhadap Indonesia masih cukup baik terbukti dari aliran modal asing masuk ke Indonesia dalam bentuk investasi portfolio yang terus mengalir," ujarnya.

Sementara itu, di pasar saham sempat terjadi outflow di minggu ini. Namun outflow dapat tertutup oleh derasnya inflow pada SBN.

"Kalau week to date seminggu sampai dengan 31 Oktober yang masuk ke SBN Rp4,45 triliun, obligasi korporasi Rp0,11 triliun kalau sahamnya terjadi outflow Rp0,19 triliun selama week to date," tutupnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini