Hilang Devisa Nasional Saat Tiket Pesawat Mahal

Rabu, 15 Mei 2019 15:10 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Hilang Devisa Nasional Saat Tiket Pesawat Mahal Tiket pesawat. ©theprahasto.files.wordpress.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Rudiana, mengatakan mahalnya harga tiket pesawat rute domestik membawa sejumlah dampak. Secara jangka panjang, tingginya harga tiket pesawat juga akan menggerus devisa.

Rudiana menjelaskan, saat ini harga tiket rute luar negeri jauh lebih murah dibandingkan rute domestik. Hal ini tentu mendorong masyarakat untuk berwisata ke luar negeri.

"Bisa. Banyak. Sekarang sudah terasa, yang keluar negeri akan lebih banyak dari pada dalam negeri. Kenapa? Dalam negeri wisatanya mahal kok. Jadi ini dampak yang mesti dilihat ke depan," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (15/5).

Meskipun belum dapat memberikan angka rinci terkait peningkatan rute penerbangan luar negeri setelah kenaikan harga tiket pesawat, dia mengatakan dari pengakuan anggota asosiasi penjualan tiket penerbangan domestik sedang lesu.

"High season ini tidak semeriah tahun lalu. Tidak lebih bagus dari tahun lalu. Tapi otomatis kalau liburan panjang keluar negeri itu jadi opsi yang lebih menarik dengan harga sekarang dalam negeri lebih tinggi," jelas dia.

"Kalau diam terus pemerintah akan terjadi stagnasi ekonomi secara umum. Harus dipikirkan adalah mengenai multiplayer effect, hotel-hotel akan sepi, tempat-tempat kunjungan akan sepi, restoran-restoran yang di tempat destinasi akan sepi," imbuhnya.

Karena itu, dia mengharapkan pemerintah dapat menemukan penyelesaian atas polemik tingginya harga tiket pesawat terbang. "Ini mesti dipikirkan. Mungkin orang berpikir ini Lebaran tinggi (high season), tapi kalau tetap harga tinggi orang tidak akan terbang. Akan belinya ke luar negeri," ujar Rudiana.

"Ini yang mesti jadi PR bersama. Jadi jangan mau menang-menangan juga airline. Tapi kalau untuk kenaikan tiket pesawat kami setuju. Tapi jangan terlalu frontal begini," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini