Hemat anggaran, mobil dinas pejabat cukup sewa dan tidak perlu beli

Jumat, 17 Juni 2016 09:18 Reporter : Idris Rusadi Putra
Hemat anggaran, mobil dinas pejabat cukup sewa dan tidak perlu beli mobil dinas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. ©2014 Merdeka.com/idris

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2016 tentang Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga Dalam Rangka Pelaksanaan APBN 2016. Dalam beleid ini, Jokowi meminta semua pihak untuk menghemat anggaran yang tidak perlu.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung punya cara jitu untuk menyiasatinya, di antaranya dengan meniadakan anggaran kendaraan bagi para pejabat di lingkungan Sekretariat Kabinet (Setkab).

"Anggaran untuk tahun 2016 kami tiadakan karena adanya penghematan sehingga kami memutuskan untuk tahun 2017 tidak membeli baru, tetapi menyewa," kata Pramono seperti ditulis situs Setkab di Jakarta, Jumat (17/6).

Pramono berharap, pola menyewa kendaraan yang menggantikan anggaran membeli kendaraan baru ini diharapkan menjadi tradisi baru di pemerintahan.

"Kami akan mengusulkan kepada Menteri Keuangan, mobil-mobil pejabat tinggi negara tidak usah beli tetapi disewa saja. Karena itu akan menjadi lebih murah," jelas Seskab.

Biaya penghematan dari anggaran pembelian kendaraan bermotor itu selanjutnya bisa digunakan untuk biaya pemeliharaan, perlengkapan dan jamuan, serta pelayanan umum di lingkungan Sekretariat Kabinet. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini