Hemat Anggaran, Kenaikan Tunjangan PNS dan Pengangkatan CPNS Ditunda

Jumat, 8 Mei 2020 19:15 Reporter : Anggun P. Situmorang
Hemat Anggaran, Kenaikan Tunjangan PNS dan Pengangkatan CPNS Ditunda PNS. datakudatamu.wordpress.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah berupaya melakukan berbagai penghematan anggaran untuk memfokuskan pembiayaan terhadap dampak penyebaran Virus Corona (Covid-19). Beberapa hal yang dihemat adalah penundaan kenaikan tunjangan kinerja PNS dan pengangkatan CPNS.

"Untuk belanja pegawai juga diminta lakukan penundaan kenaikan tukin dan pengangkatan CPNS," ujar Sri Mulyani saat memberi paparan dalam Video Conference di Jakarta, Jumat (8/5).

Pengetatan belanja dilakukan tanpa mengurangi hak yang seharusnya diterima oleh PNS. Namun hal tersebut dikecualikan untuk komponen Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pejabat eselon II ke atas yang dipastikan tidak akan menikmati THR tahun ini.

"Pelaksanaan penundaan sehingga kita bisa melakukan pengetatan dari belanja pegawai tanpa mengurangi hak mereka kecuali THR eselon II ke atas yang tidak dibayarkan," jelas Sri Mulyani.

1 dari 1 halaman

Hentikan Perjalanan Dinas

dinas rev2

Selanjutnya, penghematan anggaran juga dilakukan dengan menghentikan sementara perjalanan dinas hingga seminar-seminar yang tidak berhubungan dengan pencegahan atau pun penyebaran Virus Corona.

"Kita meminta semua Kementerian/Lembaga melakukan penghentian atau suspend kegiatan yang tidak lagi dilakukan dalam suasana Covid-19. Perjalanan dinas, seminar dan lain lain otomatis langsung suspend dan anggarannya difokuskan untuk Covid-19," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Insentif Kartu Prakerja Cair Rp1,6 T, Peserta Paling Banyak Belajar Bahasa Inggris
Sri Mulyani: 95 RS Ajukan Klaim Penanganan Pasien Covid-19 Senilai Rp64 Miliar
Sri Mulyani soal Tumpang Tindih Data Bansos: Lebih Baik daripada Tidak Dapat
Sri Mulyani: Rupiah Melemah 8,9 Persen Hingga Maret 2020
Sri Mulyani: Utang Tahun Ini Capai Rp1.439 Triliun, Termasuk untuk Pemulihan Ekonomi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini