Hatta sebut anggaran infrastruktur sudah cukup besar

Kamis, 7 Februari 2013 10:37 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Hatta sebut anggaran infrastruktur sudah cukup besar Jalan layang Non Tol Casablanca-Tanah Abang. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah menyatakan, rasio anggaran infrastruktur Indonesia saat ini sudah mencapai 5 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Angka dinilai telah ideal untuk menunjang peningkatan pembangunan sekaligus mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi nasional.

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan, saat ini anggaran infrastruktur dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 mencapai Rp 203 triliun. Besaran ini masih ditambah anggaran dalam APBD sebesar Rp 100 triliun dan investasi yang diharapkan datang dari swasta sebesar Rp 140 triliun.

Dengan perhitungan-perhitungan tersebut, Hatta sudah cukup puas dengan besaran anggaran infrastruktur. "Jadi cukup besar, hampir 5 persen dari PDB kita," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (7/2).

Namun, alokasi saja tidak cukup efektif tanpa dibarengi dengan penyerapan yang maksimal. Pemerintah menargetkan penyerapan anggaran di atas 92 persen. Infrastruktur yang baik diharapkan dapat mendukung pertumbuhan mencapai 7 persen di 2014.

"Tentu bisa kita capai asalkan juga kondisi eksternal membaik, terutama harga-harga komoditi membaik," tegasnya.

Di samping memperbesar porsi alokasi anggaran infrastruktur, pemerintah juga melakukan optimalisasi anggaran belanja dengan menghemat perjalanan dinas dan belanja yang tidak perlu. "Jadi semua kenaikan (optimalisasi) harap untuk belanja modal," ucapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Infrastruktur
  2. Hatta Rajasa
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini