Hatta janji pangkas perjalanan dinas pemerintah 50 persen

Selasa, 22 Oktober 2013 18:53 Reporter : Novita Intan Sari
Hatta janji pangkas perjalanan dinas pemerintah 50 persen rakor ketahanan pangan. ©2013 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, berjanji memangkas anggaran perjalanan dinas di RAPBN 2014 hingga 50 persen. Dalam postur pagu anggaran RAPBN 2014, pemerintah mengajukan anggaran perjalanan dinas sebesar Rp 32 triliun dan mendapat kritik keras dari DPR.

Menurut Hatta, pemangkasan anggaran perjalanan dinas sesuai dengan keputusan sidang kabinet. Salah satu caranya melarang menteri menggunakan fasilitas first class.

"Perjalanan dinas pangkasnya jangan kurang dari 30 persen. Jangan kurang dari itu. Kalau misalnya bisa, 50 persen lebih bagus," ujarnya di Gedung DPR Jakarta, Selasa (22/10).

Hatta mengatakan, pemangkasan 50 persen anggaran perjalanan dinas di RAPBN 2014 sudah cukup besar. "Memang banyak perjalanan dinas yang tidak perlu, seperti seminar, konferensi luar negeri yang masih bisa kita tunda," ungkapnya.

Menyinggung soal larangan terhadap menteri untuk menggunakan pesawat first class, Hatta mengklaim dirinya selama ini tidak pernah menggunakan fasilitas pesawat kelas satu dengan menggunakan anggaran perjalanan dinas.

"Selama ini tidak pakai first class. Itu sudah kami putuskan di dalam rakor, kemudian di dalam rapat kabinet. Saya laporkan pada sidang kabinet, memang tidak boleh first class dan penghematan harus nyata," tutup dia. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. APBN
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini