Hati-Hati, Kartu Bansos Tak Terpakai Selama 105 Hari Otomatis Terblokir

Jumat, 3 September 2021 11:35 Reporter : Merdeka
Hati-Hati, Kartu Bansos Tak Terpakai Selama 105 Hari Otomatis Terblokir Bantuan Sosial Tunai. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Negara Indonesia (BNI), Sis Apik Wijayanto coba menjelaskan pemblokiran kartu bansos untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Riau. Penjelasan itu diberikan pasca Menteri Sosial Tri Rismaharini marah ketika bank Himbara memblokir kartu penerima bansos.

Sis Apik menyampaikan, bank Himbara selaku penyalur bansos sudah meminta Kementerian Sosial untuk melakukan penelitian kepada kartu penerima bansos yang tidak dipakai selama 60 hari.

Itu dilakukan untuk mendeteksi apakah sang penerima sudah pindah alamat atau sudah meningkat kesejahteraannya, sehingga yang bersangkutan merasa tidak perlu menerima bansos lagi.

"Jadi itu yang kita sampaikan ke Kemensos untuk diteliti. Nanti ada waktu, apabila sampai 105 hari tidak diambil, kita kembalikan ke pemerintah," ujar Sis Apik di Jakarta, dikutip Jumat (3/9).

Diceritakan Sis Apik, BNI, BRI, Bank Mandiri hingga BTN yang mendapat mandat penyaluran bansos sejak 2016 telah mengeksekusinya dengan baik sesuai aturan. Sejauh ini, dia melanjutkan, rata-rata penyaluran bansos yang tak tersampaikan hanya sekitar 1-2 persen saja.

"Tentunya kita juga punya aturan yang sudah dipedomani oleh Himbara semuanya. Apabila dana tersebut tidak diambil dalam waktu tertentu, atau 105 hari, maka dana tersebut kita kembalikan ke kas negara. Jadi tidak ada pengendapan di bank, tidak ada," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Coba Gandeng Swasta Percepat Penyaluran

swasta percepat penyaluran

Menurut dia, pihak perbankan telah melaksanakan tugas penyaluran bansos dengan clean sesuai tugas. Bahkan Himbara sendiri disebutnya ingin mempercepat penyaluran bansos dengan menggaet bank-bank swasta.

"Kalau misal nanti ada bank yang mau berkolaborasi, kita dengan terbuka menerima untuk sama-sama mempercepat penyaluran bansos," pungkas Sis Apik.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Mensos: Aceh Sudah Lebih Baik Dalam Penyaluran Bansos
Realisasi BPUM 2021 Capai Rp14,21 Triliun
Kolaborasi Jadi Kunci Ketepatan dan Kecepatan Penyaluran Bansos
Mensos akan Buat Aturan Khusus untuk Permudah Penyaluran Bantuan ke Kawasan 3T
Mensos Risma Marah pada Bank di Riau: Dosa Bantuan Tidak Disalurkan, Hak Orang Miskin
Cerita Risma Kesulitan Menyalurkan Bansos Kepada Warga Memiliki Nama Satu Huruf

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini